Pendidikan

Siapkan SDM, Polbangtan Malang Gelar Workshop Pembaharuan Pendidikan Vokasi

Jumat, 16 November 2018 - 17:55 | 48.68k
Workshop bertema “Pembaharuan Dalam Pelaksanaan Pendidikan Vokasi” di ruang sidang Polbangtan Malang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Workshop bertema “Pembaharuan Dalam Pelaksanaan Pendidikan Vokasi” di ruang sidang Polbangtan Malang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang menggelar workshop bertema “Pembaharuan Dalam Pelaksanaan Pendidikan Vokasi”. Workshop yang diadakan selama tiga hari, 14-16 November 2018 di ruang sidang Polbangtan Malang, digelar dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Workshop diikuti seluruh dosen, asisten dosen, dan pranata laboratorium pendidikan (PLP). Hadir sebagai narasumber, yaitu tim dari Politeknik Manufacture (Polman) Bandung dan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Jakarta.

Polbangtan-Malang-3.jpg

Direktur Polbangtan Malang, Dr. Bambang Sudarmanto, S.Pt, MP mengatakan, pembaharuan dalam pelaksanaan pendidikan vokasi  merupakan salah satu prioritas Polbangtan Malang.

"Ini dilakukan dalam rangka untuk membentuk karakter yang kuat. Karena itu  perlu melakukan kerja sama dengan berbagai pihak," ujarnya, Kamis (15/11/2018).

Workshop ini, lanjutnya, diharapkan menjadikan langkah untuk pembaharuan dalam pendidikan vokasi di Polbangtan Malang yang lebih baik.

Sementara itu, Wibawa Krisnandhi dari Polman Bandung mengatakan, politeknik di Indonesia mengacu pada pola pendidikan di Eropa, terutama pendidikan vokasi di bidang industri.

"Pendidikan vokasi sudah membudaya baik vokasi maupun akademinya," kata dia.

Dalam pelaksanaan pendidikannya bisa mengadopsi sesuatu yang diterapkan di Indonesia. Yang penting, kata dia,  prinsip-prinsip manajemen industri diterapkan dalam proses pendidikan vokasi pada siswa sejak awal.

Pada bagian lain, Wibawa juga menyampaikan perbandingan antara materi teori dan praktikum mengacu pada sistem blok. "Misalkan satu minggu digunakan khusus untuk teori saja sedangkan yang dua minggu untuk praktikum," terangnya.

Untuk teori, lanjutnya, lebih ditekankan pada pendalaman latihan. Sedangkan praktikum lebih ditekankan pada pemahaman yang komprehensif terhadap suatu materi yang dipelajari.

Workshop dalam rangka penyiapan SDM unggul ini merupakan tindak lanjut atau rangkaian kegiatan magang yang telah dilakukan oleh para dosen, asisten dosen, dan PLP Polbangtan Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES