Wisata Bondowoso Republik Kopi

Menikmati Sunrise di Atas Bukit Maha Dewa Bondowoso

Sabtu, 17 November 2018 - 01:02 | 315.75k
Pengunjung Bukit Maha Dewa sedang menikmati sunrise, meskipun terhalang awan, namun tampak terlihat indah (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pengunjung Bukit Maha Dewa sedang menikmati sunrise, meskipun terhalang awan, namun tampak terlihat indah (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Salah satu momen yang diburu oleh pecinta wisata alam adalah menikmati Sunrise. Tak perlu khawatir, di Bondowoso, ada tempat yang pas untuk menikmati momen tersebut, yaitu Bukit Maha Dewa.

Selain bisa melihat matahari terbit di pagi hari, pengunjung juga dipertontonkan suasana kota dengan kemerlap lampu kota.

bukit-maha-dewa-2.jpg

Agak siang sedikit, pengunjung juga bisa melihat beberapa pegunungan, di sebelah barat ada Gunung Piramida, di sebelah timur bisa dinikmati indahnya Gunung Raung yang merupakan paku alam Pulau Jawa.

Di atas bukit, juga terdapat beberapa spot foto yang indah dan menarik. Udara di atas, juga cukup sejuk karena dikelilingi ribuan pohon Pinus.

Terletak di Desa Kupang Kecamata Curandami, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Wisata tersebut, memiliki ketinggian 1000 meter dari atas permukaan laut, dan jaraknya relatif dekat dari pusat kota. Dengan jarak tempuh, sekitar 42 kilometer.

bukit-maha-dewa-3.jpg

Pantauan TIMES Indonesia, fasilitas penunjang terbilang cukup baik, seperti area parkir untuk kendaraan roda dua maupun empat, dan rest area di sekitar kawasan bukit tersebut. Bahkan juga mulai dibangun fasilitas yang lain, yaitu cafe.

Untuk bisa menikmati wisata di atas ketinggian itu, tidak perlu bayar mahal. Pengunjung hanya cukup bayar uang parkir sebesar Rp 2000.

Sementara rute terdekat menuju Maha Dewa, dari Bunderan Nangkaan ke arah Asrama Bataliyon 514 yang baru menuju SDN Petung belok kiri ke arah selatan, dan pertigaan belok kanan ke arah barat. Sementara untuk petunjuk arah, saat ini masih sangat kurang membantu bagi wisatawan dari luar daerah.

bukit-maha-dewa-4.jpg

Abdul Mukit, salah seorang tokoh pemuda Desa Kupang sekaligus penggagas wisata Maha Dewa mengatakan bahwa wisata itu digagasnya bersama pemuda yang lain pada tahun 2017 lalu. 

“Pas malam tahun baru, kami para anak muda bingung mau rekreasi ke mana, karena kami tidak punya uang. Maka dicarilah tempat yang dekat dan enak untuk nongkrong di malam tahun baru, ketemulah tempat ini,” akunya saat diwawancarai.

Diakuinya juga, saat berkumpul itu lah, para pemuda tersebut merasa bahwa tempat yang sekarang dikenal Maha Dewa itu, sangat layak untuk dijadikan tempat wisata. Maka, ia berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Disparpora.

bukit-maha-dewa-5.jpg

Kemudian, kata dia, setelah mendapatkan respon yang baik, para pemuda itu mempromosikannya lewat media sosial, hingga kemudian mulai diminati wisatawan.

Sementara itu, selain untuk menikmati keindahan dan sejuknya alam di wisata Bukit Maha Dewa Bondowoso, wisatawan juga bisa berburu untuk mengabadikan momen sunrise dari atas bukit tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES