Pendidikan

Diskusi Politik Seyogyanya Bisa Dilakukan Juga di Kampus

Jumat, 16 November 2018 - 15:56 | 53.69k
Pegiat pendidikan Sulistianto Soejoso saat menghadapi awak media, Jum'at 16/11/2018(FOTO:Nasrullah/TIMES Indonesia)
Pegiat pendidikan Sulistianto Soejoso saat menghadapi awak media, Jum'at 16/11/2018(FOTO:Nasrullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pegiat pendidikan Jawa Timur, Sulistianto Soejoso sepakat dengan komentar Rocky Gerung tentang diskusi soal politik juga harus bisa masuk di lingkungan akademis atau kampus.

Hal ini disampaikan usai mengisi sebuah seminar nasional bersama pengamat politik, Rocky Gerung di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jum'at (16/11/2018)

"Bagus, saya sepakat. Bukannya politik itu juga memerlukan regenerasi, butuh kecerdasan dan butuh kerangka berfikir yang terarah, Justru kalau pemerintah melarang politik masuk kampus itu yang keliru," ungkapnya pada TimesIndonesia

Ia juga sempat menyayangkan pembubaran beberapa diskusi yang terjadi di lingkungan akademis (Kampus:red), ia bahkan mencontohkan kejadian yang sempat terjadi di UGM.

"Diskusi politik seperti ini bagus, bahkan peristiwa di UGM itu, mahasiswa punya inisiatif tapi kemudian dicabut, itu patut disayangkan," ungkapnya menyesali

Namun demikian, ia tak merasa rezim sekarang seperti pada rezim orde baru, namun menurutnya ada beberapa hal yang telah dilakukan di masa orde baru yang dilakukan oleh rezim saat ini.

"Masa orde baru lebih keras lagi, kalau ini kan baru beberapa yang terjadi ya. Saya kira aparat-aparat yang berwenang itu segera menghentikan lah fikiran-fikiran seperti itu ya. Contoh, kalau gak setuju dengan pendapatnya Rocky, ya dateng aja. ikut seminar, kan ada forum tanya jawab. Jangan lakukan persekusi, itu kampungan banget," terangnya.

Terakhir, Sulistianto mendukung jika debat kandidat calon Presiden dan Wakil Presiden dilakukan juga di lingkungan akademis, karena menurutnya debat yang dilakukan di tayangan televisi hanya sekedar tanya jawab saja.

"Kalau dilakukan (di kampus) bagus. Debat di tv itu debat gak sih? itu cuma tanya jawab aja, gak ada perdebatan yang berarti. Kalau debatnya dilakukan di forum terbuka seperti ini di depan mahasiswa kan luar biasa," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES