Pendidikan

Mahasiswa Unmuh Ponorogo Pulang dari KKN Internasional, Ini Oleh-olehnya

Jumat, 16 November 2018 - 12:44 | 200.25k
Mahasiswa Unmuh Ponorogo yang baru saja pulang dari KKN internasional di Malaysia. (FOTO: Endra W/TIMES Indonesia)
Mahasiswa Unmuh Ponorogo yang baru saja pulang dari KKN internasional di Malaysia. (FOTO: Endra W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOUniversitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP) patut berbangga. Tiga mahasiswanya baru saja menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional di Malaysia.

Mereka adalah Maimunah Konrasce, Chalida Maniaidee dan Nety Nosiani. Ketiganya merupakan mahasiswa program studi jurusan bahasa Inggris.

KKN internasional tersebut merupakan kerjasama Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan perusahaan Tapio Management Advisory Sdn.Bhd.

"KKN internasional kami berlangsung selama dua bulan, dari tanggal 10 Agustus-25 Oktober 2018," kata Nety Nosiani, Jumat (16/11/2018).

Nety mengungkapkan kedua temannya tersebut merupakan mahasiswa UMP yang berasal dari Thailand. Meskipun begitu, mereka tidak mengalami kesulitan."Karena Maimunah dan Chalida itu sudah mahir berbahasa Indonesia," katanya.

Nety menceritakan selama mereka berada di Malaysia ini banyak pengalaman yang diperoleh. Salah satunya yang berkesan adalah ikut kelompok diskusi khusus perempuan dengan berbahasa inggris. Yang anggotanya juga dari berbagai negara

."Topiknya apa saja, bisa jadi isu isu tentang perempuan" katanya.

Dari hasil KKN di sana, Nety menyebut banyak dipetik pelajaran, terutama  dengan percakapan berbahasa Inggris. Di sana bukan cuma suku melayu saja, tapi beragam ada dari China, India dan masih banyak yang lainnya.

"Di Kuala Lumpur itu banyak orang yang berbicara dengan berbangsa Inggris. Jadi khasanah berbahasa Inggris kami bisa bertambah," katanya.

Progam KKN internasional ini sudah dilaksanakan UMP sejak tahun 2014. Universitas Muhammadiyah Ponorogo sangat mendukung mahasiswanya untuk terus berkembang.

Tentunya dengan pengalaman di KKN internasional, mahasiswa UMP akan lebih mengeksplorasi diri mereka. Saat ini, selain mereka bertiga, banyak mahasiswa UMP yang juga melaksanakan KKN internasional ke negara Thailand, Filipina, dan Brunai Darussalam. Dengan tagline From Reog To The Globe,  Univesitas Muhammadiyah Ponorogo akan menuju ke World Class University. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES