Kesehatan

Sering Haus di Malam Hari, Waspadai Gangguan Kesehatan Ini!

Sering Haus di Malam Hari, Waspadai Gangguan Kesehatan Ini! Ilustrasi - Haus di malam hari (Foto: minergy-news)
Jum'at, 16 November 2018 - 03:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hal yang paling umum dari munculnya rasa haus di malam hari adalah dehidrasi. Anda bisa jadi kurang minum sebelum tidur, sehingga tubuh menagih kekurangan tersebut ketika di tengah Anda terlelap.

Tak cuma itu, keringat yang keluar sebelum dan saat tidur juga menjadi penyebab mengapa Anda suka haus di malam hari. Gejala demam pun, juga membuat Anda terbangun dan ingin segera mencari minum di malam hari.

Sementara, bila Anda penyuka makanan pedas dan asin, hal ini juga dapat mengakibatkan rasa haus muncul di malam hari. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan tersebut sesaat sebelum tidur, biasanya tenggorokan akan terasa kering dan butuh air.

Selain beberapa pemicu ini, rasa haus di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya penyakit. Berikut ini tiga penyakit yang harus diwaspadai jika sering haus di malam hari, dilansir dari Hello Sehat.

1. Xerostomia

Bisa juga seseorang mengalami haus dan mulut kering akibat terjadinya xerostomia. Xerostomia adalah kondisi saat kelenjar ludah di mulut tidak memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

Mulut kering ini bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, masalah penuaan, atau efek dari terapi radiasi untuk kanker.

2. Diabetes Melitus

Haus yang berlebihan, baik di malam hari sebelum tidur maupun di pagi hari, juga bisa disebabkan oleh gula darah tinggi atau hiperglikemia. Rasa haus yang sering muncul atau disebut dengan polidipsia adalah salah satu gejala dari orang yang mengalami diabetes jenis tipe 2.

3. Diabetes Insipidus

Selain itu, sering haus di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya diabetes insipidus. Diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak dapat mengatur cairan dengan benar. Ini menyebabkan ketidakseimbangan air dalam tubuh, sehingga orang jadi sering buang air kecil dan haus berlebihan. Jadi, sebaiknya hindari tubuh kurang minum di malam hari agar tidak berisiko terkena gangguan kesehatan ini. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration