Gaya Hidup

Benarkah Makan Larut Malam Memicu Penyakit Jantung?

Jumat, 16 November 2018 - 02:18 | 54.60k
Ilustrasi Makan (Foto: Ranta Images)
Ilustrasi Makan (Foto: Ranta Images)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakan larut malam sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Ternyata, efek makan larut malam bisa lebih berbahaya dari itu. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan larut malam dapat memicu penyakit jantung.

Dilansir dari Klik Dokter, dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada awal November lalu dalam pertemuan tahunan ilmiah American Heart Association, makan larut malam sangat besar pengaruhnya terhadap penyakit jantung. Ini tak terlepas dari gaya hidup orang-orang zaman sekarang, yaitu tidur larut malam.

Dilansir Telegraph, peneliti dari Dokuz Eylul University, Turki, telah menemukan bahwa makan malam setelah jam 7 malam dapat meningkatkan risiko menderita serangan jantung. Mereka melakukan penelitian kepada lebih dari 700 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi untuk mengetahui apakah waktu makan yang berbeda membuat perbedaan bagi kesehatan mereka.

Mereka menemukan bahwa makan larut malam memiliki dampak paling signifikan pada tekanan darah. Sementara itu, makan malam 2 jam sebelum tidur membuat lebih banyak kerusakan dibanding mengonsumsi makanan mengandung banyak garam pada jam-jam makan biasa.

Dr. Ebru Ozpelit, profesor kardiologi di Universitas Dokuz Eylul mengatakan, “Kita harus menentukan frekuensi ideal dan waktu makan yang tepat, karena bagaimana kita makan mungkin sama pentingnya dengan apa yang kita makan."

"Sarapan itu penting. Begitu juga makan siang, Anda tidak boleh melewatkan makan siang. Untuk makan malam, makanlah dalam porsi kecil dan tidak boleh lebih dari jam 7 malam," tegas Ozpelit.

Penelitian-penelitian telah mengonfirmasi bahwa ada kaitan antara makan larut malam dengan penyakit jantung. Agar kesehatan jantung selalu terjaga, sebaiknya Anda tidak makan di atas jam 7 malam dan perhatikan juga porsinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES