Kesehatan

Yuk, Turunkan Kolesterol Jahat dengan Lima Makanan Sehat Ini!

Yuk, Turunkan Kolesterol Jahat dengan Lima Makanan Sehat Ini! Manfaat Teh Hijau (Foto: KMNPhoto / Fotolia)
Jum'at, 16 November 2018 - 04:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Agar tetap dapat menjaga kesehatan, Anda perlu mengontrol kadar kolesterol jahat agar terhindar dari risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Batas kadar kolesterol total yang dianjurkan adalah di bawah 250 mg/dL. Sedangkan, untuk kolesterol LDL sebaiknya batas konsumsinya di bawah 130 mg/dL. Jika berada di atas angka tersebut, Anda harus mencari cara untuk menurunkan kolesrerol jahat.

Level kolesterol yang naik kerap bikin panik. Tapi jangan cemas, Anda dapat menurunkannya dengan mengonsumsi deretan makanan sehat berikut ini, dilansir dari Klik Dokter.

1. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan adalah sumber serat larut yang sangat baik. Meskipun demikian, hasil survei di PLoS One menunjukkan bahwa kesadaran akan manfaat menurunkan kolesterol dari kacang masih rendah.

Padahal, makan satu setengah cangkir kacang pinto yang dimasak setiap harinya dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat secara signifikan. Batasi asupan harian kacang sekitar 1 ons dalam sehari dan pastikan bahwa kacang yang dimakan tidak diasinkan atau dilapisi dengan gula.

2. Apel

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa makan apel dapat memperlambat oksidasi kolesterol jahat. Manfaat ini diperoleh lewat kandungan polifenol antioksidan yang ditemukan pada kulit apel.

Antioksidan ini sangat penting untuk menghindari terjadinya peradangan dan penumpukan plak di arteri yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Sebab, kolesterol jahat yang berinteraksi dengan radikal bebas akan teroksidasi dan menyebabkan kondisi tersebut.

3. Biji-bijian

Biji labu, biji chia, dan biji rami adalah sumber protein yang sangat baik sekaligus merupakan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kandungan vitamin, mineral, dan seratnya membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik.

4. Oats

Oats mengandung beta-glucan, yakni serat larut air yang membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah. Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi 3 gram oat beta-glucan setiap harinya mampu mengurangi kolesterol total dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Teh hijau

Semua jenis teh kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Namun, teh hijau merupakan jenis teh yang paling kaya antioksidan dan telah menunjukkan hasil terbaik. Beberapa cangkir teh hijau setiap hari akan membantu menciptakan ambang kolesterol yang lebih stabil dan bermanfaat untuk kesehatan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration