Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Belajar Kopi, Formatani Gelar Kemah Tani di BRK

Kamis, 15 November 2018 - 23:53 | 35.58k
Salah seorang pembicara saat memberikan materi kepada ratusan peserta dalam acar Kemah Tani 2018 di Bondowoso Republik Kopi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Salah seorang pembicara saat memberikan materi kepada ratusan peserta dalam acar Kemah Tani 2018 di Bondowoso Republik Kopi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOBRK (Bondowoso Republik Kopi) selalu menjadi rujukan bagi siapapun, yang ingin belajar Kopi. Salah satunya Formatani (Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia), yaitu dengan cara mengadakan Kemah Tani 2018.

Kemah Tani tersebut, berlangsung sekitar tiga hari, Kamis (15/11/2018), sampai dengan Sabtu 17 November besok, bertempat di BLK (Balai Latihan Kerja)  Bondowoso.

Moh Sholehuddin, Sekjen Formati Mengatakan, bahwa pada Sabtu besok, para peserta akan diajak ke Kebun Kopi Jampit Kalisat, Kecamatan Ijen.

“Karena sebenarnya, permasalahan yang seksi, bagi mahasiswa pertanian, adalah kopi. Teman-teman paling senang mendiskusikan kopi, baik keunikan di berbagai daerah, proses budidayanya dan lain-lain,” katanya.

Dan kebetulan, kata dia, program daerah di Kabupaten Bondowoso adalah kopi, sehingga dikenal dengan Bondowoso Republik Kopi.

“Karena pas, sama-sama kopi, ya sudah kita belajar di sini, sekaligus pengkaderan, dan belajar kopi, di hari Sabtu, di kebun Kalisat Jampit,” ungkapnya.

Pertama, lanjut dia, yang akan dipelajari di Jampit, adalah bagaiman budidaya dari awal. Pihaknya juga mengaku, akan menggandeng PTPN XII, bagaimana proses budidaya kopi, dari awal hingga akhir.

“Mulai paska panen, juga prosesnya, sehingga siap untuk siseduh,” kata Mahasiswa Universitas Jember tersebut.

Kemah Tani 2018, merupakan proses pengkaderan, dan diselenggarakan Formatani, di BRK (Bondowoso Republik Kopi). Sementara pesertanya, hadir dari berbagai daerah, seperti Aceh, Kalimantan, Sulawesi, dan berbagai daerah lain, dengan jumlah sekitar 171 peserta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES