Wisata

Merasakan Pengarungan Sungai Purba di Kota Batu

Jumat, 16 November 2018 - 00:13 | 63.56k
Butuh waktu 2,5 jam hingga 3 jam untuk mengarungi 12 kilometer Sungai Purba ini dengan menggunakan perahu karet. (Foto: ist/TIMES Indonesia)
Butuh waktu 2,5 jam hingga 3 jam untuk mengarungi 12 kilometer Sungai Purba ini dengan menggunakan perahu karet. (Foto: ist/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sudah pernah merasakan sensasi pengarungan di Sungai Purba ? Jika belum, Anda bisa merasakannya dengan datang ke Kota Wisata Batu.

Di kota ini, Anda bisa merasakan bagaimana mengarungi sungai dengan panorama alam yang begitu alami dan melewati situs peninggalan purbakala yang ada di sekitar sungai.

Butuh waktu 2,5 jam hingga 3 jam untuk mengarungi 12 kilometer Sungai Purba ini dengan menggunakan perahu karet.

Di sepanjang sungai yang berada di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo ini, bisa dilihat guratan bekas air di pinggiran sungai hingga akar pohon yang mencuat keluar bak sebuah lukisan Ilahi.

"Bentuk pinggiran sungai U dan V, serta banyak ditemukan situs purbakala di sepadannya, salah satunya Arca Ganesha," kata Musa Khuzainuddin, pengelola Batu Rafting, operator arung jeram yang melewati Sungai Purba ini.

Bekas Sungai Purba ini terlihat dari tipikal tebing dan jenis bebatuan granit, andesit dan solid di sungai. Batu andesit ini banyak digunakan dalam bangunan-bangunan megalitik, seperti candi, dan piramid.

Begitu juga perkakas-perkakas dari zaman prasejarah banyak memakai material ini, misalnya, sarkofagus, punden berundak, lumpang batu, meja batu, arca, dan lain sebagainya.

Selain itu di sepanjang sungai, Anda bisa menemui berbagai jenis satwa yang jarang ditemukan saat ini.

Untuk bisa mengarungi Sungai Purba ini, wisatawan bisa mengikuti pengarungan bersama Batu Rafting, sebuah operator arung jeram di base campnya berada di Toko Oleh-oleh Deduwa, Jl Diponegoro.

Di Sungai Purba ini terdapat 24 jeram dengan 5 jeram maskot seperti jeram double dropp, jeram kacamata, hingga berbagai jeram lainnya.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan wisatawan untuk pengarungan Sungai Purba di Kota Wisata Batu ini? Wisatawan cukup mengeluarkan Rp 190 ribu per orang, wisatawan sudah bisa mendapatkan Welcome drink, snack dan hot drink di rest serta makan di akhir pengarungan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES