Peristiwa Nasional

BMKG: Hujan Lebat hingga 5 hari ke Depan, Waspada Banjir dan Longsor 

Kamis, 15 November 2018 - 22:25 | 57.40k
Ilustrasi hujan mengguyur Jakarta (Foto: Antara/ Wahyu Putro A)
Ilustrasi hujan mengguyur Jakarta (Foto: Antara/ Wahyu Putro A)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, dalam 5 (lima) hari ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat masih terus berpeluang terjadi, dan berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, longsor, banjir bandang, dan puting beliung.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan, kondisi cuaca tersebut didasarkan oleh analisis dinamika atmosfer, mengenai menguatnya massa udara dari Asia dan Australia mempengaruhi pembentukan daerah tekanan rendah dan pola-pola sirkulasi di sekitar wilayah Indonesia. 

Selain itu, aliran massa udara basah dari Samudra Pasifik dan Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Sumatera, Jawa hingga Kalimantan, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara turut mendukung pertumbuhan awan hujan.

"Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode tiga hari ke depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/11/2018).

Potensi tersebut, lanjutnya, terjadi di sebagian besar Sumatera, Jawa, sebagian Kalimantan, Maluku Utara dan Papua termasuk Papua Barat.

Sedangkan potensi gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter, diperkirakan terjadi di Perairan Enggano-Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Jawa.

BMKG kembali menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, puting beliung, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES