Ekonomi

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Raih Kesuksesan Berbisnis

Kamis, 15 November 2018 - 22:14 | 34.25k
Duta Koperasi, Rano Karno. (FOTO: Ali Humas Kemenkop For TIMES Indonesia)
Duta Koperasi, Rano Karno. (FOTO: Ali Humas Kemenkop For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Duta Koperasi, Rano Karno, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha atau berbisnis.

Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Dalam acara yang dihadiri oleh Ketua Dekranas, Mufida Jusuf Kalla tersebut, Rano juga memaparkan tentang apa itu sukses dan bagaimana mencapai kesuksesan. 

Dia mengutip salah satu definisi sukses dari Brian Tracy, yang mengatakan bahwa "Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang yang Anda senangi dan hormati," katanya. 

Dari definisi tersebut, Rano yang juga memiliki usaha kuliner di garasi rumahnya, mengatakan bahwa berbisnis haruslah sesuai dengan apa yang ingin dan senang untuk dikerjakan atau bahkan merupakan hobi dari si pelaku usaha. 

"Ada orang yang berhasil, tapi ternyata itu bukan keinginan dia. Sehingga hidup dia menderita," tambahnya. 

Rano juga menyebut salah satu startup unicorn yang tidak ia sangka akan sesukses saat ini, yaitu GO-JEK dan Bukalapak. 

Nilai investasi GO-JEK yang cukup tinggi dari berbagai perusahaan asing maupun lokal, membuat GO-JEK kini mampu menguasai pasar di Indonesia dan berekspansi ke beberapa negara.

Dicontohkannya, pemilik Bukalapak, Ahmad Zaky, lahir bukan dari kalangan orang kaya, namun kini sukses menjadi pengusaha e-commerce terbesar di Indonesia. 

Selain itu, Rano juga menceritakan kesuksesan dari pengusaha legend Bob Sadino dan pemilik Alibaba e-commerce terbesar di Cina, Jack Maa. 

Dari kisah-kisah sukses tersebut, Rano berharap para pelaku usaha, khususnya di Bangka Belitung dapat termotivasi untuk mengejar kesuksesan melalui bisnis mereka. 

"Sukses yang pasti adalah tercapainya tujuan Anda. Apa tujuan Anda? Tanyakan ke diri Anda sendiri," ujar Rano. 

Ia pun mengakui  bahwa kesuksesan bukan sesuatu yang mudah. Bahkan untuk meraih kesuksesannya seperti saat ini, Rano sempat mengalami dimana orangtuanya tidak mengizinkan dirinya menjadi seorang seniman.

Dari sana Rano kemudian termotivasi untuk lwbih total dan serius menjalankan hobinya yaitu ber-acting. Ia ingin membuktikan kepada orangtuanya bahwa ia bisa sukses dari hobi yang ia geluti tersebut. 

Sampai akhirnya, Rano Karno tumbuh menjadi seorang Aktor terkenal, bahkan hingga menjadi Gubernur di provinsi Banten. Namun ia menyayangkan Ayahnya yang tidak sempat melihat kesuksesannya karena lebih dulu meninggalkan dunia. 

Bagi Rano, jika hari ini harus mengalami kegagalan dengan satu bidang bisnis, maka bangkitlah dan mulai lagi bisnis yang lain. Jika hal itu terjadi lagi, ulangi kembali dan terus lakukan sampai kesuksesan dapat diraih.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES