Gaya Hidup

Sakit Kepala saat Lapar? Ternyata Ini Penyebabnya

Kamis, 15 November 2018 - 05:33 | 122.94k
Ilustrasi - Sakit kepala saat terlambat makan (Foto: Qerja)
Ilustrasi - Sakit kepala saat terlambat makan (Foto: Qerja)

TIMESINDONESIA, JAKARTARasa lapar tidak hanya membuat perut terasa tidak nyaman. Lapar juga bisa membuat kita sakit kepala. Kepala akan terasa berat dan kita pun tidak akan mudah berpikir atau berkonsentrasi. Sebenarnya, bagaimana bisa perut lapar menyebabkan munculnya sakit kepala?

Dilansir dari Boldsky, penyebab sakit kepala yang dipicu oleh perut lapar sendiri bukanlah karena tidak adanya makanan, melainkan sebagai efek dari tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi makanan.

Karena kekurangan makanan, maka kadar glukosa atau gula darah akan menurun dengan drastis. Hal ini akan menyebabkan otot menjadi lebih tegang dan pembuluh darah melebar. Jika kita membiarkan hal ini dan tidak mendapatkan asupan makanan apapun, maka kepala akan terasa sakit.

Selain itu, saat kadar gula darah menurun drastis akibat tidak adanya asupan makanan apapun, maka tubuh akan melepaskan hormon yang diharapkan bisa kembali menyeimbangkan kadar gula darah. Keberadaan hormon inilah yang kemudian bisa menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala yang disebabkan oleh rasa lapar biasanya akan muncul di kedua bagian sisi kepala. Selain itu, kita juga akan merasakan gejala lainnya seperti sakit pada kepala bagian belakang, sensasi kaku pada dahi, nyeri pada bagian pelipis, hingga rasa tegang pada bahu. Sakit kepala yang sudah cukup parah juga akan menyebabkan keluarnya keringat, kebingungan, rasa lelah, pusing, badan gemetaran, hingga badan yang lemah.

Demi mencegah datangnya sakit kepala yang disebabkan oleh rasa lapar, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan tetap sehat. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi makanan dari bahan karbohidrat dalam jumlah yang terlalu banyak dalam satu waktu. Pastikan untuk menjaga keseimbangan protein yang kita konsumsi karena asupan protein ini mampu meredakan sakit kepala saat merasa lapar, rasa cemas, stres, serta rasa tegang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES