Kesehatan

Lima Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan, Apa Saja?

Kamis, 15 November 2018 - 04:28 | 44.83k
Ilustrasi - Manfaat Jus Seledri untuk kesehatan (Foto: doktersehat.com)
Ilustrasi - Manfaat Jus Seledri untuk kesehatan (Foto: doktersehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASeledri biasanya hanyalah bahan pelengkap saat Anda makan bakso atau bubur ayam. Namun, tahukah Anda bahwa seledri bisa dibuat menjadi jus seledri dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan?

Sayuran bernama Latin Apium graveolens ini biasanya menjadi elemen kecil untuk menambah aroma sebuah makanan. Tak banyak terpikir untuk menjadikan seledri bahan utama untuk membuat minuman jus.

Dilansir dari Women's Health, berikut manfaat luar biasa dari jus seledri.

1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Jus seledri bisa menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Itu karena seledri utuh memiliki kandungan air yang banyak sehingga Anda akan mendapatkan cairan yang cukup ketika Anda meminumnya.

2. Kurangi Kembung

Mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir jus seledri dalam sehari dapat membantu mengurangi rasa kembung. Seledri adalah diuretik alami. Seledri akan melepaskan retensi air sambil menjaga Anda tetap terhidrasi.

3. Kaya Antioksidan

Seledri juga mengandung antoksaiki dan antiinflamasi. Nutrisi ini dapat membantu Anda merasa lebih baik sekaligus melawan penyakit.

4. Sumber Magnesium yang Baik

Seledri mengandung tinggi magnesium. Selain itu, kandungan sarinya juga dapat meningkatkan kesehatan otot, pencernaan, dan membuat tidur menjadi nyenyak.

5. Rendah Gula dan Kalori

Dari satu cangkir jus seledri utuh ternyata hanya mengandung 1 gram gula. Bahkan jika meminum 4 atau 5 cangkir seledri utuh, Anda akan tetap mengonsumsi lebih sedikit gula daripada yang ada dalam segelas jus jeruk. Rata-rata, segelas jus jeruk mengandung sekitar 7 gram gula. Selain itu, kabar baiknya adalah satu cangkir jus seledri hanya mengandung sekitar 15 kalori.

Seledri juga disarankan agar dimakan secara utuh. Itu karena manfaat serat akan lebih didapatkan ketika memakan sayuran secara utuh selain dijadikan jus. Satu hal yang perlu Anda hindari, jangan menambahkan gula pada jus seledri Anda agar manfaat sehatnya benar-benar bisa Anda rasakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES