Peristiwa Nasional

BKN: Peserta Lolos Seleksi CPNS 2018 Baru 13 Persen

Rabu, 14 November 2018 - 21:15 | 60.96k
 Seleksi CPNS 2018 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)
Seleksi CPNS 2018 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan bahwa peserta yang lolos seleksi CPNS secara nasional baru 13 persen.

Sedikitnya jumlah ini disebabkan banyak peserta CPNS 2018 tak lolos SKD. Ia pun mengungkapkan ada jumlah perbedaan antara peserta CPNS yang lolos SKD di tingkat pusat dan daerah.

"Kalau di pusat lebih dari 20 persen yang lulus, yang di daerah ini menjadi masalah karena nilai kelulusannya rata-rata hanya 3 persen," kata Bima melalui akun resmi BKN, Rabu (14/11/2018).

Kecilnya presentase kelulusan ini membuat formasi-formasi di daerah akan kosong, jika hanya 3 persen dari peserta yang lulus.

Meski demikian, Bima mengemukakan bahwa keputusan untuk menurunkan passing grade di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tidak akan dipilih. Pihaknya, juga akan tetap meneruskan proses CPNS 2018 bagi perserta yang lulus.

"Kami akan meneruskan apa yang menjadi hasil tes sekarang. Jadi yang lulus akan terus mengikuti tes selanjutnya," tambahnya.

Sedangkan, terkait passing grade, Bima mengatakan tidak berbeda dengan tahun lalu. Seperti yang diketahui, agar dapat lulus SKD peserta CPNS 2018 harus melampaui ambang batas atau passing grade yang telah ditentukan.

Setiap peserta seleksi CPNS 2018 diberikan 100 soal untuk SKD. Soal itu terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai minimal 75. Kemudian soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan nilai minimal 80, dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai minimal 143. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES