Peristiwa Internasional

Otoritas Penerbangan Irlandia Selidiki Penampakan UFO

Rabu, 14 November 2018 - 16:38 | 44.61k
Visual penerbangan pesawat British Airways Flight 94 dalam penerbangan Montreal-London, dalam aplikasi radar. (Screenshot video YouTube)
Visual penerbangan pesawat British Airways Flight 94 dalam penerbangan Montreal-London, dalam aplikasi radar. (Screenshot video YouTube)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penampakan pergerakan benda super cepat yang diduga sebagai unidentified flying object (UFO), muncul di Irlandia. Otoritas penerbangan Irlandia (Irish Aviation Authority/IAA) mendapat laporan tiga pilot dari maskapai berbeda, yang melihat benda tersebut. IAA melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan.

Pada Jumat pagi (9/11/2018), seorang pilot British Airways yang menerbangkan pesawat Boeing 737 Flight 94 dari Montreal menuju London, melaporkan kepada petugas kontrol Bandara Shannon, Irlandia.

Pilot tersebut melihat benda terbang yang melintas sangat cepat di samping pesawatnya. “Itu datang ke sisi kiri saya, lalu dengan cepat berbelok ke utara,” ujar pilot yang percakapannya dipublikasikan oleh LiveATC.net.

“Apakah ada latihan militer?” tanya pilot itu.

Kemudian, pengawas lalu lintas udara menanggapinya. Dia mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan adanya pesawat lain, baik pada (radar) primer maupun sekunder.

Ternyata, pilot dari maskapai British Airways itu bukanlah satu-satunya yang melihat kejadian tersebut. Dua pilot lainnya juga mengaku melihat benda luar angkasa itu. 

Pilot Virgin Airlines Flight 76 dari Orlando ke Manchester melaporkan, telah melihat sesuatu seperti meteor atau objek lain melintas diikuti dengan objek-objek lainnya yang juga bersinar terang.

“Mereka sangat terang dari tempat kami berada ... dua sinar terang yang tampaknya mengarah ke kanan dan mendaki dengan cepat setidaknya dari sudut pandang kami.”

Salah seorang pilot lainnya menambahkan, kecepatan benda-benda itu seperti Mach 2 (2.500 kilometer per jam). "Senang itu bukan hanya saya (yang melihatnya),” ucapnya.

Tanggapan dari wahana ruang angkasa “Jules Verne” Automated Transfer Vehicle (ATV) milik European Space Agency, itu mungkin potongan puing-puing ruang angkasa yang terbakar di atmosfer.

Atas kejadian itu, otoritas penerbangan Irlandia (IAA) mengeluarkan pernyataan akan menyelidiki “aktivitas penerbangan yang tidak biasa”. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES