Wisata

3 Destinasi Wisata Gunung yang Belum Banyak Dikunjungi di Bogor

Rabu, 14 November 2018 - 18:08 | 392.93k
Gunung Munara Rumpin
Gunung Munara Rumpin

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, Bogor merupakan salah satu daerah tujuan wisata alternatif. Di tengah sumpeknya kehidupan sehari-hari di ibu kota, Bogor menjadi tempat pelarian yang tepat karena jaraknya yang tak terlalu jauh.

Namun, bukan hanya wisatawan lokal dan sekitarnya saja yang tertarik untuk datang ke Bogor. Banyak pula pengunjung yang berasal dari luar daerah berkunjung ke kota ini untuk sekadar menikmati suasananya. Bukan hanya ke tempat wisata mainstream, tetapi juga tempat wisata yang masih tersembunyi dan menantang untuk ditaklukkan.

Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata di Bogor yang masih tersembunyi yang bisa Anda kunjungi: 

1.    Gunung Munara Rumpin

Gunung-Munara-Rumpin.jpg

Selain Gunung Salak yang terkenal itu, ada banyak perbukitan dan gunung yang termasuk dalam wilayah geografis Kabupaten Bogor. Salah satunya, Gunung Munara Rumpin yang terletak di Kampung Sawah, Rumpin. Gunung ini sebenarnya lebih mirip bukit karena puncaknya hanya 300 meter dari permukaan laut.

Bagi para pendaki gunung, tempat ini biasa dijadikan sebagai area pemanasan. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menuntaskan kerinduan terhadap kegiatan mendaki gunung. Meskipun tidak terlalu tinggi, trek menuju puncak cukup menantang. Ada 3 pos pendakian dan 3 puncak di gunung ini, yaitu Puncak Batu Belah, Puncak Batu Adzan, dan Puncak Batu Bintang.

Hal menarik yang bisa dinikmati di sini adalah sejuknya perjalanan menuju puncak gunung. Pengunjung bahkan akan disuguhi pemandangan sekitar yang unik, misalnya gua yang dipenuhi oleh akar-akar raksasa. Dari puncak gunung, pengunjung dapat memandang ke kejauhan serta melihat pemukiman penduduk di sekitar area pegunungan.

2.    Gunung Bunder

Selain itu, destinasi antimainstream yang bisa masuk dalam daftar tujuan liburan ke Bogor adalah Gunung Bunder. Gunung ini adalah bagian dari kawasan wisata Taman Nasional Halimun Salak.

Pepohonan yang tumbuh di daerah ini sangat rapat sehingga membuat sinar matahari sulit menembus. Kesejukan tersebut menjadi nilai tambah sehingga banyak pengunjung yang menghabiskan akhir pekan di kawasan Gunung Bunder.

Dari Jakarta, akses menuju Gunung Bunder hanya sekitar satu setengah jam.  Ini menjadi salah satu alasan kuat penduduk ibu kota memilih tempat ini. Bukan hanya itu, dari kawasan Gunung Bunder, Anda juga dapat mencapai curug-curug yang masih tersembunyi, seperti Curug Cigamea, Curug Seribu, dan Curug Pangeran.

3.    Gunung Kencana

Gunung-Kencana.jpgSumber: ecleciaalphakhairi.wordpress.com

Anda pasti akan terpesona dengan keindahan alam yang bisa disaksikan dari Gunung Kencana, yaitu kokohnya Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Kawasan wisata yang berada di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua ini belum terlalu lama dibuka untuk umum.

Lebih menyerupai bukit dengan ketinggian 1802 meter dari permukaan laut, gunung ini cukup menantang. Untuk mencapainya, pengunjung terlebih dahulu bisa menggunakan kendaraan pribadi, lalu berhenti di titik terakhir di Kampung LC (Lahan Cadangan). Jarak menuju puncak hanya sekitar 45 menit perjalanan. 

Supaya lebih nyaman, usahakan jangan berkunjung pada musim hujan. Pemandangan biasanya tidak akan terlihat jelas. Pendaki pada umumnya tidak menginap di kawasan puncak. Untuk itu, memesan penginapan terlebih dahulu di Bogor sangat disarankan. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi Airy di smartphone.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan pilihan hotel di Bogor dengan harga terjangkau. Keunggulan lainnya adalah letak penginapan yang strategis dan mudah diakses. 

Anda juga akan mendapatkan fasilitas terbaik dan terjamin sehingga perjalanan liburan menjadi semakin nyaman. Beberapa di antaranya adalah WiFi, tempat tidur bersih, air minum gratis, dan sebagainya.

Segera pesan hotelnya melalui situs atau aplikasi Airy Rooms dan rencanakan liburan Anda ke Bogor bersama orang-orang terdekat. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES