Kesehatan

Benarkah Teh Hijau Bisa Mencegah Pneumonia?

Rabu, 14 November 2018 - 03:03 | 48.99k
ILUSTRASI - Minum Teh (FOTO: Tampil Cantik)
ILUSTRASI - Minum Teh (FOTO: Tampil Cantik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPneumonia merupakan penyakit radang paru-paru yang kronis. Penyakit tersebut tak bisa disembuhkan dengan cara rumahan, tetapi gejalanya bisa diringankan dengan upaya mandiri. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegah pneumonia adalah konsumsi teh hijau. Benarkah demikian?

Dilansir dari Reuters, ada satu cara paling sederhana untuk mencegah pneumonia, yaitu dengan rutin mengonsumsi teh hijau.

Peneliti dari University Graduate School of Medicine Jepang mengatakan bahwa minum satu cangkir teh hijau mengurangi 41 persen risiko kematian akibat pneuomonia pada wanita Jepang.

Pasalnya, teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin gallate yang mampu menghancurkan dan menghambat pertumbuhan virus dan mikroorganisme. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, pneumonia memang disebabkan oleh bakteri S.pneumonia, jamur P.carinii, protozoa (toksoplasma), dan virus (CMV, herpes simpleks).

Nah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin tanpa dicampur gula, susu atau krim Anda akan terjauh dari mikroorganisme yang menimbulkan keparahan penyakit.

Kendati demikian, peneliti Jepang tidak menemukan dampak apa pun dari teh hijau terhadap penurunan risiko pneumonia pada kaum laki-laki. Jadi, sebenarnya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang fungsi teh hijau yang dapat menurunkan risiko pneumonia bagi semua kalangan.

Ingat! Teh hijau hanya berperan sebagai pencegahan, bukan pengobatan utama. Jika sudah telanjur terkena pneumonia, tentu obat-obatan dari dokterlah yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Reuters

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES