Peristiwa Daerah

Kemenag Batu: Kartu Nikah Lompatan Luar Biasa

Selasa, 13 November 2018 - 23:18 | 34.46k
Ka Kemenag Batu, Nawawi (FOTO: Istimewa)
Ka Kemenag Batu, Nawawi (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BATU – Wacana kartu nikah yang dilontarkan Kementerian Agama (Kemenag) dipandang sebagai sebuah lompatan pelayanan luar biasa.

Karena selain memberikan kemudahan untuk pasangan suami istri, bisa mendorong Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan.

Pasalnya hingga saat ini, data base KUA se-Indonesia belum ada yang online. Adanya kartu nikah ini akan mendorong digitalisasi teknologi di Kantor Kemenag  dan KUA.

“Kami memang belum sosialisasi kepada masyarakat, karena semua itu masih wacana. Kami masih menunggu apa dan bagaimana kartu nikah ini, termasuk surat belum kami terima. Kami masih menunggu,” ujar Kepala Kemenag Kota Batu Nawawi, Batu, Selasa (13/11/2018).

Meski demian, kata Nawawi, pihaknya menyambut baik rencana pembuatan kartu nikah ini. Sebab dipandang lebih simpel karena bisa dibawa kemana-mana dengan data yang lengkap.

“Menurut saya hal itu terobosan baik, Insya Allah hal ini akan menjadi lompatan inovasi yang luar biasa,” ujar Nawawi.

Di Kementerian Agama memang saat ini sedang membangun sistem E-Goverment yang semua data akan berbentuk digital dan terpadu serta bisa diakses semua orang dan dari mana pun juga. “Kalau sistem ini sudah terbangun, jangan sampai ngaku bujangan karena data bisa diakses, status seseorang dan bisa diketahui langsung nama suami atau istri,” katanya.

Meski menggunakan kartu nikah, prosedur pengurusan sama, hanya beda fisiknya. Pengadaan kartu nikah pun akan dilaksanakan oleh pusat, Kemenag di daerah tinggal melakukan sosialisasi secara masif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES