Peristiwa Daerah

Sutiaji Ingin Koperasi Kuatkan Ekonomi Kerakyatan

Selasa, 13 November 2018 - 20:46 | 14.26k
Wali Kota Malang, Sutiaji (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang, Sutiaji (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan bahwa koperasi harus menguatkan ekonomi kemasyarakatan melalui skema UMKM.

Sutiaji mengatakan sebagian besar koperasi yang ada di Kota Malang masih berkutat dengan kegiatan simpan pinjam dan beberapa diantaranya digunakan oleh rentenir untuk menjerat masyarakat.

Sistem ini harus diubah dengan mengembangkan koperasi dengan merambah unit usaha. “Koperasi sebagai fondasi perekonomian masyarakat harus dikuatkan, ini sejalan dengan program kami,” kata Sutiaji.

Ia mengatakan penguatan koperasi dengan merambah unit usaha seperti yang dilakukan oleh beberapa koperasi merupakan upaya agar perputaran uang di dalam lembaga itu tidak statis. Jika hal itu bisa diterapkan dengan baik, maka akan semakin banyak masyarakat yang gemar dan tertarik menitipkan dananya ke koperasi sehingga ekonomi dapat berjalan dengan lancar.

“Arus perputaran uang koperasi ini dari dan untuk anggota. Karena itu, mendatang koperasi harus sehat. Bagaimana caranya, ya dengan memperbaiki administrasi, menaikkan SHU dan RAT dengan begitu koperasi bisa sehat dan berkembang,” tambahnya.

Selain itu, Wali Kota Malang menegaskan bahwa koperasi ke depan harus menjadi suksesor dari kegiatan UMKM. Setiap UMKM ini harus memiliki basis koperasi sebagai sarana penopang pendanaan sehingga dengan skema ini perekonomian masyarakat semakin kuat.

Sebagai informasi, saat ini Pemerintah Kota Malang tengan berupaya meningkatkan derajat sehat koperasi. Data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang tercatat 700 koperasi dan 50 persen diantaranya dalam kategori aktif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES