Ekonomi

BI Imbau Masyarakat Selalu Jaga Kondisi Uang Rupiah

Selasa, 13 November 2018 - 17:05 | 24.53k
Ilustrasi uang rupiah
Ilustrasi uang rupiah

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat uang Rupiah dengan baik agar tetap layak edar di masyarakat. Uang yang layak edar tentu akan memberi kemudahan bagi masyarakat terkait pengenalan keasliannya.

Untuk itu, BI melalui Departemen Komunikasi BI mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga dan merawat rupiah dengan baik melalui metode 5 Jangan sebagai berikut:

  1. Jangan Dilipat
  2. Jangan Dicoret
  3. Jangan Distapler
  4. Jangan Diremas
  5. Jangan Dibasahi

Mengenai uang Rupiah asli yang dalam kondisi distempel maupun dicoret, BI menegaskan jika uang tersebut tergolong dalam uang yang tidak layak edar, namun masih berlaku sebagai alat transaksi pembayaran. Bagi masyarakat yang menerima uang Rupiah asli dalam kondisi tersebut, bisa menukarkannya ke Bank Indonesia atau Bank Umum terdekat.

Sementara untuk memastikan keaslian uang Rupiah kertas, salah satu cara yang mudah untuk dilakukan adalah dengan metode 3D (dilihat, diraba, diterawang). Sebagai lembaga yang berwenang mengeluarkan dan mengedarkan uang Rupiah, BI telah menyediakan informasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah yang dapat diakses bebas di website www.bi.go.id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Bank Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES