Peristiwa Daerah

Pemilih di Jember Bertambah 51 Ribu Orang

Selasa, 13 November 2018 - 14:16 | 19.40k
Rapat pleno terbuka Penetapan DPT HP Kedua oleh KPU Jember. (Foto: Sofy/TIMES Indonesia)
Rapat pleno terbuka Penetapan DPT HP Kedua oleh KPU Jember. (Foto: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERKPU Kabupaten Jember menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Pemutakhiran (HP) kedua. Hasil rapat pleno, ada penambahan pemilih baru sebanyak 51.849 pemilih. 

"Berdasarkan hasil rapat pleno itu kita tetapkan ada 51.849 pemilih baru yang masuk dalam DPT HP kedua ini," tutur Komisioner KPU Jember, Rima Diana, Selasa (13/11/2018).

Ia mengatakan penambahan pemilih tersebut berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) terbatas yang sebelumnya telah dilakukan oleh KPU. Selain penambahan, KPU juga menghapus 9.403 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) dan 10.706 perbaikan data pemilih. 

"Hasilnya DPT kita bertambah menjadi 1.866.654 pemilih," ucap Rima. 

Rima mengatakan ada beberapa temuan di lapangan terkait kegandaan seperti yang dilaporkan Bawaslu Jember. Kegandaan itu, dipicu oleh beberapa hal diantaranya satu orang tercatat dalam lebih dari satu kartu keluarga (KK) serta ditemukan kartu tanda penduduk (E-KTP) ganda. 

"E-KTP ganda ini macem, ada yang satu NIK ini dipakai dua orang. Nah masalah seperti ini kemudian kita koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil)," katanya. 

Berdasarkan data KPU Kabupaten Jember, jumlah DPT paling banyak terdapat di Kecamatan Wuluhan yakni 98.640 disusul Kecamatan Bangsalsari sejumlah 92.263 dan sejumlah Sumberbaru sejumlah 88.968. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES