Peristiwa Nasional

Pemerintah Luncurkan Beasiswa Santri LPDP, Berikut Ini Syaratnya

Selasa, 13 November 2018 - 10:30 | 62.80k
Beasiswa santri LPDP diluncurkan pemerintah (Foto: kemenag)
Beasiswa santri LPDP diluncurkan pemerintah (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), pemerintah meluncurkan program beasiswa santri untuk menempuh pendidikan jenjang magister dan doktoral di dalam dan luar negeri. 

Sasaran program ini adalah peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang aktif di pondok pesatren selama minimal tiga tahun di mana tahun ini pemerintah berencana menyaring 100 santri terbaik. 

Untuk mendapatkan beasiswa LPDP, santri harus memiliki IPK Minimal (pada pendidikan sebelumnya) 2,75 untuk jenjang Magister (jika ada Letter Of Acception/surat pernyataan telah diterima di perguruan tinggi) dan 3,00 jika tanpa LoA, juga kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata.

Sementara untuk program Doktoral, IPK minimal 3.00 dengan LoA dan 3.25 tanpa LoA, usia minimal saat pendaftaran Magister 42 tahun dan Doktor maksimal 47 tahun.

Sedangkan kriteria khusus untuk beasiswa LPDP ini adalah sebagai berikut:

  1. Aktif sebagai peserta didik, pendidik/tenaga kependidikan di Pondok Pesantren minimal 3 (tiga) tahun terakhir. 
  2. Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang saat mendaftar aktif dalam pengembangan Pondok Pesantren minimal 3 (tiga) tahun terakhir. 
  3. Pondok pesantren terdaftar dalam list Kemenag.

Program beasiswa LPDP ini sendiri meliputi tiga bidang studi yaitu:

  1. Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Pesantren terdiri atas manajemen, kesehatan lingkungan, ekonomi syariah, pertanian, ilmu sosial dan politik, seni dan budaya, astronomi dan hukum.
  2. Keilmuan Pesantren meliputi ilmu falak, syariah, perbandingan mahzab, ilmu maqulaat, arudh, tahqiq, ulumul quran dan ulumul hadits.
  3. Ilmu prioritas LPDP.

Komponen beasiswa LPDP yang diperoleh santri nantinya adalah biaya hidup, transportasi keberangkatan dan kepulangan domisili asal ke perguruan tinggi tujuan, biaya pendidikan dan biaya pendukung visa termasuk paspor, tunjangan keluarga untuk doktoral, asuransi kesehatan dan fasilitas lain.

Pendaftaran beasiswa santri LPDP dilakukan secara online melalui www.lpdp.kemenkeu.go.id. Periode pendaftaran dibuka mulai 15 November sampai 31 Desember 2018 dengan mengikuti tiga tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer dan seleksi substansi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES