Kesehatan

Awas! Barang-Barang di Rumah ini Bisa Sebabkan Kanker

Selasa, 13 November 2018 - 03:23 | 37.74k
Ilustrasi - Kebiasaan meletakkan ponsel di dekat Anda ketika tidur (Foto: hellosehat.com)
Ilustrasi - Kebiasaan meletakkan ponsel di dekat Anda ketika tidur (Foto: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKanker adalah penyebab kematian kedua di seluruh dunia. Menurut data statistik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 9,6 Juta kematian terjadi pada 2018 karena kanker. Penyebab kanker umumnya berkaitan dengan gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, makan junk food dan lainnya.

Selain gaya hidup, ada hal lain yang harus diperhatikan khususnya dari barang-barang yang ada di rumah Anda. Berikut ini adalah enam barang yang wajib Anda waspadai.

1. Bantal Kapas

Menggunakan bantal kapas dapat memperbesar peluang terkena kanker. Alasannya karena tanaman kapas terkena banyak insektisida dan pestisida. Herbisida juga disemprotkan untuk melindungi kapas.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Carcinogenesis, herbisida ini mengandung bahan aktif yang disebut glisofat yang telah dikaitkan dengan risiko kanker. Cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan beralih ke bantal dan seprai yang dibuat menggunakan kapas organik.

2. Cat

Cat yang mengandung senyawa organik mudah menguap (VOC) yang bersifat kanker. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Maret 2018 Journal of Occupational and Environmental Medicine, paparan pekerjaan terhadap cat membuat pelukis, seniman dan pekerja lainnya lebih rentan terhadap resiko kanker paru-paru, kandung kemih, mulut dan pankreas serta leukemia non-filosfitik. Oleh karena itu, Anda harus memilih cat non-VOC untuk menghindari resiko ini.

3. Pengharum Ruangan

Sebagian besar dari kita menyukai bau pengharum ruangan yang menyenangkan, dan kita sering menyemprotnya di kamar tidur, kamar mandi, bahkan di mobil dan di tempat kerja. Tetapi tahukah Anda bahwa semprotan ini juga berpotensi kanker? Jadi hindari menggunakannya, Anda dapat mengganti pengharum ruangan dengan bunga seperti melati atau mawar, atau Anda dapat menyiapkan semprotan alami menggunakan minyak esensial dan air.

4. Furnitur Kulit Sintesis

Polimer plastik yang disebut polyvinyl chloride (PVC) digunakan untuk membuat kulit sintetis dan ini berbahaya. Hal tersebut juga mengandung berbagai bahan kimia lain yang tidak kalah berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus menghindari menggunakan furnitur yang terbuat dari kulit sintetis. Selain itu, hindari perabot yang dibuat menggunakan melamin, papan partikel, papan serat (MDF) karena mengandung bahan kimia beracun. Coba beli furnitur kayu solid agar tetap sehat.

5. Gadget dan Perangkat Elektronik

Kebiasaan meletakkan ponsel di dekat Anda ketika tidur atau memiliki perangkat elektronik di kamar seperti komputer, TV dan lainnya baiknya mulai diubah karena bisa menjadi penyebab kanker. Perangkat ini memaparkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini memaparkan karsinogenik dan berakibat jangka panjang sehingga lebih rentan terhadap kanker.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES