Gaya Hidup

Lapar Sebelum Tidur? Yuk Konsumsi Makanan Ini

Selasa, 13 November 2018 - 02:29 | 63.43k
Ilustrasi - Minum susu hangat bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks (Foto: MyMilk.com)
Ilustrasi - Minum susu hangat bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks (Foto: MyMilk.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakan sebelum tidur berisiko mengalami kenaikan berat badan, namun jika kita tidak makan dan membiarkan perut keroncongan, besar kemungkinan kita akan susah tidur atau tidur dengan tidak nyenyak. Lantas, adakah makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang ternyata boleh dikonsumsi sebelum tidur. Makanan ini tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan dan justru mampu membantu kita mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Apa saja makanan tersebut?

1. Susu Hangat

Salah satu dari makanan dan minuman tersebut adalah susu hangat yang rendah lemak. Susu hangat memang sangat nikmat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Mengonsumsi minuman yang kaya akan karbohidrat dan triptofan ini bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Journal of Nursing 2007, disebutkan bahwa pasien insomnia sangat disarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak hangat demi mengatasi masalah kesehatannya ini sehingga bisa kembali tidur dengan nyenyak setiap malam.

2. Kedelai

Selain susu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi kedelai. Kedelai kaya akan protein dan nutrisi sehat lainnya, termasuk asam amino triptofan. Pakar kesehatan menyebut kandungan ini bisa membuat kita bisa segera mendapatkan rasa kantuk dan akhirnya membuat kita tidur dengan lebih nyenyak.

3. Gandum Utuh

Kita juga diperbolehkan untuk mengonsumsi gandum utuh, termasuk roti gandum. Meskipun kaya akan kandungan karbohidrat, roti gandum kaya akan karbohidrat kompleks yang tinggi serat dan berbagai nutrisi lainnya. Selain roti gandum, kita juga bisa mengonsumsi oatmeal gandum yang sehat dan aman dikonsumsi sebelum tidur.

4. Sayur dan Buah
Kita juga bisa mengonsumsi beberapa jenis sayur atau buah-buahan sebelum tidur. Hal ini disebabkan adanya kandungan anti oksidan yang tinggi di dalam kedua jenis makanan sehat ini. Kandungan ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kadar kalori kedua makanan ini tidak tinggi sehingga tidak akan mudah menaikkan berat badan. Beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah buah ceri, buah beri, brokoli, dan jeruk.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa aman dikonsumsi sebelum tidur. Ternyata makan sebelum tidur tidak selalu memicu kenaikan berat badan, lho. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES