Kesehatan

Benarkah Jahe Bisa Meringankan Gejala Pneumonia?

Selasa, 13 November 2018 - 04:25 | 128.41k
Ilustrasi - Gejala Pneumonia (Foto: Doktersehat)
Ilustrasi - Gejala Pneumonia (Foto: Doktersehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain kanker paru dan tuberkulosis, penyakit pernapasan lain yang juga bisa mengancam jiwa adalah bronchopneumonia atau pneumonia. Penyebab pneumonia bisa bermacam-macam, seperti bakteri, virus, bahkan jamur. Meski pneumonia tidak bisa disembuhkan dengan cara rumahan, namun untuk meredakan gejalanya, Anda bisa memanfaatkan rempah dari kebun Anda, jahe. Yuk, simak khasiat jahe tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, jahe dapat meringankan gejala nyeri dada yang disebabkan pneumonia. Biasanya, nyeri dada timbul karena penderita infeksi saluran pernapasan batuk terus-menerus. Apabila Anda meredakan hanya dengan minum air putih saja, gejala batuk memang bisa mereda, tetapi nyeri dadanya tidak.

Sementara itu, jika Anda minum teh hangat yang terbuat dari jahe beserta akarnya, rasa nyeri pada dada bisa berkurang. Sebab, akar dari jahe memiliki efek antiinflamasi dan analgesik alami yang bereaksi dalam tubuh.

Usahakanlah untuk membuat teh jahe sendiri di rumah. Pasalnya, minuman jahe kemasan mengandung banyak gula atau pemanis buatan yang kurang baik untuk kesehatan Anda. Bahkan, bisa menyebabkan sugar rush dan justru membuat Anda sulit beristirahat.

Selain jahe, peppermint juga bisa meredakan gejala pneumonia, yaitu batuk terus-menerus. Peppermint dapat membantu meringankan iritasi dan melancarkan keluarnya dahak.

Itulah khasiat jahe untuk meredakan gejala pneumonia. Ingat, jahe bukanlah obat untuk pneumonia. Jahe hanyalah rempah yang dapat membantu mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan tersebut. Selain memanfaatkan jahe, terapkanlah gaya hidup sehat. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh tidak menurun dan tidak mudah terinfeksi organisme berbahaya penyebab pneumonia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES