Peristiwa Nasional Ekspedisi Gubernur

Ekspedisi Gubernur Sampai di Palu, Longki Djanggola: Sulteng Sudah Pulih dan Bangkit

Senin, 12 November 2018 - 18:44 | 90.03k
Gubernur Sulteng Longki Djanggola. (FOTO: Tim Ekspedisi/TIMES Indonesia)
Gubernur Sulteng Longki Djanggola. (FOTO: Tim Ekspedisi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menegaskan bahwa provinsi Sulawesi Tengah telah bangkit dan pulih dari bencana gempa dan Tsunami yang menerjang Palu, Sigi dan Donggala. "Publik tidak perlu khawatir, saat ini Sulteng sudah pulih dan bangkit, bahkan sejak pekan kedua warga sudah mulai beraktivitas, menteri-menteri yang datang juga mengakui pemulihan cukup cepat," ungkap Longki kepada Tim Ekspedisi Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada Senin (12/11) di Kantornya.

Longki juga menyebut aktivitas perekonomian telah bergerak kembali seperti sedia kala, dan sarana transportasi dan distribusi ekonomi telah berjalan normal seperti biasa.

"Pelabuhan sudah mulai aktif, tadinya crane untuk petikemas di patah. Penerbangan juga sudah mulai normal, awal-awal hanya bisa pesawat Hercules,"  ujar Longki yang merupakan Wakil Ketua Umum APPSI ini.

Kepada para investor Longki juga menghimbau untuk tidak khawatir melanjutkan investasinya di Sulteng.

"Daerah terdampak tidak seluruh Sulteng, investasi diluar Palu masih banyak, bisa dipilih juga mana Investasi strategis, selain itu Alhamdulillah KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) tidak apa-apa," kata Longki.

Pemulihan Jangka Panjang

Sementara terkait pemulihan jangka panjang terutama untuk daerah terdampak likuifaksi dan Tsunami, Longki menyampaikan saat ini sedang menyusun Perda RT/RW yang akan mengatur tata ruang pemukiman ke tempat yang lebih aman dari bencana.

Kedepan setelah ada revisi perda RT RW akan ada relokasi untuk warga yang kehilangan tempat tinggal akibat likuifaksi dan tsunami ke hunian permanen yang aman.

"Kami sedang susun revisi Perda RT RW tahun 2011 yang akan disesuaikan dengan kondisi terkini, termasuk memasukkan mitigasi bencana kedalam pengaturannya," kata Longki.

Saat ini Pemprov Sulteng dan berbagai pihak tengah menyiapkan Hunian Sementara bagi para pengungsi, dan dua tahun kemudian akan dipindahkan ke hunian tetap.

Diantara area yang disiapkan untuk hunian tetap bagi para pengungsi adalah di daerah Tondo, Talise dan Duyuh di Kota Palu, dan di daerah Pombeve di Kabupaten Sigi.

Selain itu Pemprov Sulteng juga tengah mempersiapkan pembangunan tanggul penahan dan mangrovisasi di area Pantai.

Longki juga menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada berbagai pihak yang telah begitu banyak membantu masyarakat Palu, Sigi dan Donggala sehingga bisa bangkit dan beraktivitas seperti sediakala.

Sebagai informasi saat ini Tim Ekspedisi Gubernur dari APPSI telah tiba di Provinsi ke 23 di Sulawesi Tengah. TIMES Indonesia dan Detikcom turut dalam ekspedisi ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES