Peristiwa Nasional

Hari Kesehatan Nasional, Ini Sejarah Singkatnya

Senin, 12 November 2018 - 16:51 | 392.81k
ILUSTRASI: Hari Kesehatan Nasional. (FOTO: 1healt)
ILUSTRASI: Hari Kesehatan Nasional. (FOTO: 1healt)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahun ini, sudah 54 tahun Hari Kesehatan Nasional diperingati sejak pertama ditetapkan pada 12 November 1964. 

Masa itu era Ir Soekarno, Presiden RI pertama, Pada 1950-an, wabah penyakit malaria sedang menjangkiti wilayah Indonesia.
 
Saat itu, malaria menjadi penyakit berbahaya dan merenggut banyak korban jiwa. Oleh karenanya, pemerintahan Bung Karno ini melakukan pemberantasan malaria di seluruh Indonesia. 

Tahun 1959, pemerintah membentuk lembaga yang dinamai Dinas Pembasmian Malaria. Lembaga ini berubah nama menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM) pada 1963.

Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan insektisida berjenis DDT (Dichloro Diphenyl Trichloroethane). Penyemprotan dilakukan secara massal ke rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung.

Presiden Soekarno terlibat dengan melakukan penyemprotan secara simbolis pada 12 November 1959 di Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain penyemprotan DDT, pemerintah juga melakukan penyuluhan atau memberi pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

Dikutip dari grid.id, upaya penanggulangan malaria menunjukkan hasil. Tahun 1964, kurang lebih 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria.

Inilah yang menjadi titik awal kebersamaan seluruh komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

Keberhasilan pemberantasan malaria ini menjadi titik awal kebersamaan komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan. Tanggal 12 November 1964 kemudian diabadikan Hari Kesehatan Nasional yang pertama.

Tahun ini, tema peringatan Hari Kesehatan Nasional adalah Aku Cinta Sehat dengan subtema Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita. Makna dari tema tersebut adalah pentingnya kesehatan bagi setiap individu manusia, dengan kesadaran untuk memulai hidup sehat dari diri sendiri.

Hari Kesehatan Nasional diperingati bersamaan waktu dengan Hari Ayah Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES