Wisata

Festival Mina Wisata 2018 Kenalkan Pantai Kedonganan ke Wisatawan Mancanegara

Senin, 12 November 2018 - 14:12 | 151.02k
Presscon Festival Mina Wisata Desa Adat Kedonganan, Jumat (9/11/2018). (FOTO: Andi/TIMES Indonesia)
Presscon Festival Mina Wisata Desa Adat Kedonganan, Jumat (9/11/2018). (FOTO: Andi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BADUNGKedonganan merupakan desa pesisir di sisi selatan Pulau Bali yang sangat terkenal dengan sebutan desa penghasil Ikan. Namun sepuluh tahun terakhir kawasan ini berkembang sebagai salah satu lokasi wisata yang sangat diminati karena seafoodnya.

Desa kedonganan memiliki dua pesisir dengan daya tariknya masing-masing, yaitu Pantai Kedonganan pasir putih dan Sunset di pesisir barat serta keindahan hutan mangrove di pesisir timur.  Pantai Kedonganan terletak sekitar satu kilometer ke arah barat dari Jalan Raya Uluwatu. Jika telah melihat jajaran kapal-kapal nelayan, maka itulah Pantai Kedonganan.

Pantai Kedonganan secara geografis termasuk ke dalam wilayah Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sana, anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang bersandar di putih pasir pantai seperti merajut jala, menimbang hasil tangkapan ikan, nelayan datang dan pergi ke laut, atau hanya sekedar duduk di tepi pantai. 

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keindahan pantai Kedonganan yang mana tidak kalah cantiknya dengan Pantai lainnya di pulau Bali. Oleh karena hal tersebut, untuk lebih memperkenalkan Pantai Kedonganan ke masyarakat umum dan wisatawan, masyarakat Kedonganan terutama kaum muda menginisiasi untuk mengadakan Festival Mina Wisata Desa Adat Kedonganan dan dalam rangka untuk menambah atraksi wisata di kawasan ini. 

Kegiatan ini merupakan gabungan aktivitas nelayan dengan pariwisata  yang berlokasi di depan Pura Segara dan di Pantai Kedonganan, acara berlangsung selama dua hari dari Sabtu, (17/11/2018) sampai Minggu (18/11/2018) dengan mengambil tema “Pesisir Kedonganan”. Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh masyarakat Kedonganan, adapun beberapa kegiatan untuk memeriahkan acara ini diantaranya lomba sanitasi dan hias café, pameran grill terpanjang, lomba baleganjur tari, lomba membuat lawar dan sate lilit seafood.

Ada juga lomba membuat masakan khas Kedonganan, lomba pasir patung, lomba mencar, parade layangan kreasi dan beberapa kegiatan yang melibatkan tidak saja masyarakat lokal, namun juga pengusaha pariwisata seperti hotel, restoran, travel agent, dan lainnya serta usaha perikanan yang ada di desa ini. 

I Wayan Mertha selaku Bendesa Adat Kedonganan menyampaikan untuk memperkenalkan konsep ini kepada publik, maka tahun 2018 khususnya di bulan November, menggelar Festival Mina Wisata. Dengan digelarnya festival tersebut, diharapkan terbangun kesadaran masyarakat, pengusaha dan pemegang kebijakan lainnya untuk selalu bekerjasama dan bergandengan tangan dalam membangun kepariwisataan berkelanjutan di Kedonganan.

"Semoga festival ini dapat berlangsung dengan meriah dan sukses, sehingga cita-cita membangun kepariwisataan berkelanjutan di desa ini dapat terwujud. Terima kasih kepada semua pihak yang telah saling bahu membahu menyukseskan festival ini," ucapnya.

Jimbaran Bay Beach Resort & Spa sebagai satu-satunya Resort bintang 4 di kawasan Pantai Kedonganan, melalui Bapak Christian Gumala selaku General Manager menyampaikan apresiasi dan dukungannya   terhadap kegiatan positif yang diadakan oleh masyarakat Kedonganan ini.

"Dengan adanya kegiatan ini kami mengharapkan masyarakat umum dan tentunya wisatawan mancanegara akan lebih mengetahui keberadaan Pantai Kedonganan yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai Kedonganan merupakan asset yang harus dilestarikan, dijaga keindahan dan kebersihannya," tegasnya.  

Jimbaran Bay Beach Resort & Spa terletak di desa Kedonganan yang terkenal dengan aktivitas nelayannya dan dikelilingi oleh indahnya pantai berpasir putih Kedonganan, berjarak hanya 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai membuat. Resort ini dirancang antara perpaduan tradisional Bali dan konsep modern. Resort ini tidak hanya cocok sebagai tempat tinggal, tetapi juga sempurna sebagai tempat pertemuan bisnis, resepsi pernikahan, ulang tahun dan acara khusus lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi: Ni Ketut Ekawati Marketing Communications & PR Manager  Mobile: 0813 3792 5024, Email: [email protected]. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES