Pendidikan

Menag RI Ajak Guru Merawat Rasa Cinta Dalam Mendidik Anak

Senin, 12 November 2018 - 07:07 | 15.29k
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin ketika melepas peserta jalan sehat 12.000 guru madrasah. (FOTO: istimewa)
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin ketika melepas peserta jalan sehat 12.000 guru madrasah. (FOTO: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama RI (Menag RI) Lukman Hakim Saifuddin mengajak para guru agar senantiasa merawat rasa cinta dalam mendidik anak-anak. 

Ajakan itu disampaikan saat menghadiri jalan sehat bersama 12.000 guru madrasah di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018).

Menurutnya, mengajar dan mendidik tidak semata mentransformasikan ilmu pengetahuan, tapi tidak kalah pentingnya adalah membentuk karakter dan watak serta menanamkan nilai-nilai kebajikan kepada murid.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya khususnya pada guru-guru kita, guru-guru madrasah yang sudah memberikan yang terbaik yang dimilikinya bagi pengembangan kualitas anak-anak kita,” ujarnya. 

Peran guru, lanjutnya, penting bagi pengembangan kualitas generasi muda. Karena itu ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran tersebut. "Nilai-nilai itulah yang nanti akan menjadi panduan mereka dalam kehidupan,” jelasnya. 

Nilai-nilai tersebut akan menjadi pedoman dan pijakan ketika para murid itu menjalani kehidupan di tengah masyarakat. “Sekali lagi mendidik dengan cinta, karena dengan cinta kita bisa mengembangkan kasih sayang dan kebajikan,” tegas Menag.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin yang juga hadir dalam acara itu menambahkan, kegiatan jalan sehat ini merupakan ikhtiar untuk merawat dan menumbuhkan semangat pengabdian dan dedikasi para guru madrasah.

Senada dengan Menag RI, Kamaruddin Amin mengingatkan betapa pentingnya merawat rasa cinta dalam mendidik anak-anak. Sebab guru adalah pelaku perubahan sosial, kreator peradaban, bahkan salah satu elemen yang menentukan perjalanan bangsa Indonesia.
“Guru juga pelaku utama penyiapan generasi bangsa ke depan,” tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES