Indonesia Positif

Satgas TMMD Kodim Sleman Sampaikan Pemahaman Wawasan Kebangsaan pada Anggota Linmas

Senin, 12 November 2018 - 10:36 | 62.42k
Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia Hal Mutlak. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)
Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia Hal Mutlak. (FOTO: AJP/TIMES lndonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Bertempat di aula kantor desa Balecatur kecamatan Gamping kabupaten Sleman berlangsung kegiatan pemberian materi wawasan kebangsaan oleh anggota satgas TMMD Kodim Sleman yang diikuti 30 orang peserta linmas dari Desa Blaecatru Kecamatan Gamping.

Mayor Arh Sugeng Danramil 17/Gamping menyampaikan bahwa empat pilar kebangsaan negara Republik Indonesia hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh peserta dalam hal ini empat pilar negara kita terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, sehingga tugas kita sekarang adalah untuk mempertahankan kemerdekaan itu dari segala macam hal ancaman baik  dalam maupun luar negeri, Bhineka tunggal ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah negara kita, NKRI harga mati untuk setiap rakyat indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar,” paparnya..

Dalam pemberiaan Wawasan Kebangsaan kepada peserta Linmas anggota satgas TMMD  menekankan bahwa Pancasila dan UUD 45 adalah sebagai dasar negara, jika ada suatu kelompok atau ormas yang  akan menganggu atau merubah dasar negara maka kewajiban kita sebagai rakyat negara republik Indonesia wajib untuk mempertahankannya, agar persatuan dan kesatuan negara tetap aman dan damai.

Diharapkan setelah menerima wawasan kebangsaan dari Satgas TMMD Kodim Sleman,  para peserta Linmas mengerti dan memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkunganya, serta dalam kegiatannya sehari-hari mampu untuk mengemban tugas sebagai aparat keamanan desa dan lingkunganya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES