Wisata

Pantai Dubibir, Wisata Baru di Situbondo

Senin, 12 November 2018 - 09:02 | 443.82k
Peresmian wisata baru pantai Dubibir di Desa Ketah, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo (FOTO: Uday/TIMES Indonesia). 
Peresmian wisata baru pantai Dubibir di Desa Ketah, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo (FOTO: Uday/TIMES Indonesia). 

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Pemerintah Desa Ketah, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur secara resmi meluncurkan distinasi wisata bahari yang diberi nama Dubibir, Minggu (11/11/2018).

Wisata ini diharapkan bisa mendukung program kunjungan wisata 2019 mendatang di Kota Santri Bumi Shalawat Nariyah.

Mulanya, Pantai Dubibir adalah hanya bibir pantai biasa untuk pelabuhan bagi nelayan setempat. Namun begitu, pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa yaitu hamparan pasir yang membentang luas dan dipisah oleh sungai kecil sehingga bertemu dua bibir pantai. 

Tidak hanya pasir pantai, pohon mangrove juga menjadi andalan wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini. Pengunjung bisa berkeliling sekitar 2 km untuk mengitari hutan pohon mangrove sambil menikmati spot spot alam dan berswafoto.

Peresmian-wisata-baru-2.jpg

Saifullah, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo mewakili Bupati Situbondo menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan sejalan dengan pembangunan daerah yakni Situbondo menuju kunjungan wisata 2019.

"Pembangunan sektor wisata melalui desa yang didanai oleh APBDEs ini merupakan instrumen mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan kunjungan wisata tahun depan, " katanya. 

Ia berharap hadirnya distinasi wisata Pantai Dubibir di Desa Ketah, Kecamatan Suboh tersebut, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama pada sisi ekonomi. Saat ini sudah banyak yang membuka warung di sepanjang jalan menuju wisata. 

Erwin Soleh Kepala Desa Ketah bersyukur dengan dukungan masyarakat yang luar biasa. Ia mempunyai tekad yang kuat untuk mengembangkan potensi yang ada di desanya. 

"Alhamdulillah, ini semua berkat dari dukungan semua elemen masyarakat, sehingga kami tangkap adalah peluang besar yang harus dikembangkan," katanya. 

Menurutnya, penyertaan modal yang dikucurkan untuk pengembangan wisata masih dianggarkan Rp 200 juta. Ia berharap ada dukungan dari pemerintah daerah dan Provinsi Jatim. 

Hadir dalam peresmian Pantai Dubibir tersebut, Forkopimda, Ketua DPRD Situbondo Basori Shonhaji, Yogie Kripsian Sah DPMD, Yosi dari Dinas Pariwisata, Lutfi Amin Ketua FKS Situbondo, Camat dan pejabat terkait. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES