Wisata

Mau Melihat Langsung Stonehenge? Ayo ke Bondowoso

Minggu, 11 November 2018 - 18:07 | 256.80k
Wisatawan sedang berfoto di dekan wisata Batu So’on atau Stonehenge Van Java, yang ada di Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Wisatawan sedang berfoto di dekan wisata Batu So’on atau Stonehenge Van Java, yang ada di Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Ingin melihat langsung Stonehenge?, Anda harus ke Bondowoso, Jawa Timur. Ternyata, tidak hanya negeri Ratu Elizabeth yang memiliki Stonehenge. Indonesia juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan wisata di Inggris itu, orang menyebutnya dengan Batu So’on.

Wisata yang juga dikenal dengan sebutan Stonehenge Van Java itu, terletak di salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Tepatnya di Desa Solor, Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso.

Stonehenge-bondowoso.jpg

Eksotisme batu-batu yang memliki nilai seni, dan sejarah tersebut, kian terasa, ketika pengunjung berhadapan, dan melihat langsung batu itu. Dijamin, pengunjung akan merasakan keindahannya, dan senang belama-lama di sana.

Penelusuran jurnalis TIMES Indonesia, pada hari libur, terutama weekend, banyak wisatawan memilih liburan di tempat ini, karena selain indah, suasana pengunungannya masih sangat alami.

Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan menuju lokasi Betoh So’on, wisatawan disuguhkan pemandangan indah lainnya. Seperti kebun Jati deng pohon berjejer rapi, pepohonan besar,  dan bunga Sakura yang ‘menyapa’ di pinggir jalan.

Stonehenge-bondowoso-3.jpg

Tak jarang, wisatawan yang hendak naik ke atas, masih menyempatkan diri berhenti, untuk berswafoto bersama teman-teman, atau keluarganya.

Tempat wisata alam tersebut, berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat kota, atau jarak tempuh sekitar 1 jam.

Soal jalan, wisatawan tidak perlu khawatir. Pemkab Bondowoso, telah membenahi infrastruktur jalan menuju lokasi tersebut. Bahkan, hingga sampai ke lokasi, jalan sudah mulus.

Sementara untuk tiket masuk. Hanya perlu merongoh saku sebesar 5.000 dan uang parkir 2000 rupiah, pengunjung sudah bisa melihat keindahan Batu So’on, dan berswafoto sepuasnya, dari spot foto yang telah disediakan.

Stonehenge-bondowoso-4.jpg

Amin, wisatawan asal Sidoarjo, sengaja datang bersama temannya, untuk melihat keindahan alam, yang disajikan Batu So’on di Desa Solor tersebut.

“Saya tahunya di media sosial. Penasaran, datang langsung ke sini dari Sidoarjo. Batunya indah, pokonya tidak rugi datang jauh-jauh,” katanya, Minggu (11/11/2018).

Batu So’on atau Stonehenge yang ada di Bondowoso atau di tanah Jawa Timur, Indonesia itu, selain menjadi tempat wisata yang indah, juga ada banyak sejarah silam, di balik keindahannya tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES