Kesehatan

Ayo Makan Ikan, Ini Manfaat Ikan Laut untuk Tubuh

Minggu, 11 November 2018 - 04:35 | 183.87k
ILUSTRASI - Makan Ikan(FOTO: INT)
ILUSTRASI - Makan Ikan(FOTO: INT)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIkan laut memiliki rasa khas yang sangat lezat. Ikan termasuk makanan berkalori rendah dan protein tinggi. Selain itu, ikan kaya kandungan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan tubuh. Karena kayanya nutrisi pada ikan, disarankan Anda rutin konsumsi ikan, terutama ikan laut. Apa saja manfaat ikan laut?

Mengonsumsi ikan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Alo Dokter, berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi ikan laut.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 40 ribu wanita menunjukkan, golongan yang lebih sedikit mengonsumsi ikan berisiko lebih tinggi mengalami gangguan jantung, jika dibandingkan yang mengonsumsi ikan minimal satu kali per minggu. Mengonsumsi ikan yang kaya lemak omega 3 dapat menekan tingkat lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, menurut penelitian lainnya.

2. Membantu Pembentukan Otak

Ikan laut seperti ikan salmon dan ikan lain yang kaya kandungan asam lemak omega 3, merupakan nutrisi penting untuk pembentukan otak anak. Sekitar 7 gram ikan salmon mengandung 1,5 gram asam lemak. Penelitian juga menemukan kaitan konsumsi asam lemak omega 3 dapat meredakan gejala gangguan pemusatan perhatian yaitu ADHD (Attention deficit/hyperactivity disorder).

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Selain sinar matahari, ikan laut merupakan salah satu sumber vitamin D yang dapat mendukung kesehatan tulang sekaligus mencegah penyakit lainnya. Mengonsumsi ikan salmon sekitar 9 gram dapat memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin harian.

4. Mencegah Depresi setelah Melahirkan

Salah satu jenis asam lemak omega 3 yaitu DHA, diketahui dapat mencegah wanita mengalami depresi setelah melahirkan (postpartum depression). Hanya saja, konsumsi DHA tersebut disarankan diperoleh langsung dari makanan, bukan dari suplemen. Ikan laut merupakan salah satu sumber yang kaya kandungan DHA.

5. Memperbaiki Penampilan Kulit dan Rambut

Diet rendah lemak seringkali memengaruhi kondisi kesehatan kulit dan rambut yang tampak kering. Asam lemak omega 3 pada ikan dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat. Penelitian menemukan adanya kemungkinan perbaikan kondisi kulit pada penderita psoriasis dengan mengonsumsi asam lemak tersebut.

Meski banyak manfaat ikan laut yang Anda dapatkan, Anda harus jeli dalam memilih ikan laut yang tepat untuk dikonsumsi. Beberapa jenis ikan laut yang disarankan adalah tuna, salmon, dan makarel. Hindari ikan laut yang tinggi kandungan merkuri. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, jika memiliki kondisi kesehatan khusus sebelum mengonsumsi ikan laut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES