Kesehatan

Renang Pilihan Olahraga saat Hamil, Apa Manfaatnya?

Minggu, 11 November 2018 - 03:38 | 32.23k
Olahraga saat Hamil. (FOTO: ISTOCK)
Olahraga saat Hamil. (FOTO: ISTOCK)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bingung memilih olahraga saat hamil? Tenang, Anda bisa menjadikan olahraga berenang sebagai alternatifnya. Jika dokter memang menyatakan kondisi kehamilan sehat, ibu hamil bisa melakukan olahraga air tersebut. Sebab, berenang punya beberapa manfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut manfaat berenang saat hamil yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengurangi Bengkak pada Kaki

Kaki yang bengkak merupakan permasalahan klasik bagi ibu hamil. Umumnya, kondisi ini dialami oleh ibu hamil di akhir trimester kedua atau awal trimester ketiga. Penyebabnya adalah ada penumpukan volume cairan di dalam tubuh yang sirkulasi darahnya tidak lancar.

Berenang membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan membantu mengurangi bengkak di kaki ibu hamil.

2. Mengontrol Berat Badan

Berenang bisa menjadi salah satu cara mengontrol berat badan saat hamil. Berenang selama 30-60 menit merupakan waktu yang pas untuk membakar kalori.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Berenang dapat menguatkan otot jantung. Alhasil, sirkulasi darah menjadi lancar dan janin tidak akan terganggu. Sirkulasi darah yang lancar dibutuhkan untuk menyuplai oksigen dan nutrisi yang ke janin dalam kandungan.

4. Mengurangi Ketegangan

Bagi ibu hamil, seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran perut pun akan semakin besar dan semakin berat. Kondisi tersebut memaksa tulang belakang dan bahu si ibu lebih condong ke depan dan berakibat tegangnya otot punggung. Dengan berenang, Anda dapat memberi peregangan terhadap bagian tersebut sehingga rasa pegal dan tegang di punggung bisa diminimalkan.

Berdasarkan empat manfaat berenang untuk kesehatan saat hamil di atas, Ibu hamil tak perlu takut berenang. Meski demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan doktee terlebih dulu sebelum memutuskan olahraga saat hamil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES