Wisata

Hilangkan Pegal Badan, Yuk.. Berendam di Kolam Air Panas Alami Songgoriti

Minggu, 11 November 2018 - 01:06 | 221.84k
Selalu dipenuhi wisatawan berbagai daerah yang ingin merasakan berendam air panas bak Kendedes, Ratu Kerajaan Singosari. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Selalu dipenuhi wisatawan berbagai daerah yang ingin merasakan berendam air panas bak Kendedes, Ratu Kerajaan Singosari. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Rasa pegal badan sehabis perjalanan jauh pasti hilang kalau dibuat berenang di kolam air panas. Jika berwisata di Kota Batu sebaiknya anda sempatkan mampir ke Pemandian Air Panas Alam (PAPA) Songgoriti.

Di sini anda bisa berenang sepuasnya, selain karena anda tidak bakal kedinginan meski berlama-lama berenang, air hangat dari alam ini tentu membuat pegal di tubuh anda akan hilang dan semakin kerasan di dalam kolam renang ini.

Anda tentu tidak akan percaya, kalau hal yang sama juga pernah dilakukan Kendedes, istri Ken Arok. Konon Kendedes mandi menggunakan sumber air yang sama, hanya saja kolam yang digunakan berbeda dengan kolam renang yang kini dikelola PAPA.

Air hangat dari kolam renang ini diambil dari sumber air yang ada di bawah Candi Songgoriti yang berjarak hanya sekitar 20 meter dari kolam ini.

Tidak butuh mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk bisa merasakan kenikmatan berendam di air panas Songgoriti ini.

“Ada dua paket disini, PAPA 1 Rp 20 ribu sudah mendapatkan secangkir teh atau kopi dan PAPA 2 Rp 25 ribu mendapatkan teh atau kopi dan Pop Mie,” ujar Hadi, Pegawai PAPA Songgoriti.

Obyek wisata ini sebenarnya fasilitas hotel Songgoriti Resort, namun bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang tidak menginap. Kolam air panas ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 20.00 siap memberikan layanan untuk para wisatawan.

Untuk mencapai tempat ini, dari Alun-Alun Kota Batu wisatawan bisa mengarah ke Barat menuju ke kawasan Songgoriti. Di sini akan menemukan kolam air panas berukuran 6 x 8 meter yang berada di sisi Timur Candi Songgoriti. Dibandingkan kolam air panas lainnya di Kota Batu, kolam air panas ini sangat dekat dengan jantung kota.

Kolam air panas itu dibangun tahun 2010, mampu menampung  kurang lebih 50 orang. Jika tidak ingin mandi di tempat terbuka, di tempat ini juga ada tempat berendam tertutup.

Wisatawan bisa berendam di bathtub yang berada di dalam kamar seluas 2 x 2,5 meter. Berbeda dengan mandi di kolam yang tidak ada batasan waktu, wisatawan yang mandi di bathtub diberikan batas waktu selama 30 menit.

Hal ini disebabkan, lebih dari 30 menit didalam kamar mandi, dikhawatirkan wisatawan akan pusing karena terlalu banyak menghirup asap belerang. Di kolam air panas Songgoriti ini terdapat 20 kamar mandi untuk berendam yang dibangun pada tahun 1980. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES