Pendidikan Ketahanan Informasi Pendidikan

Urgensi Urbanisasi Dikupas dalam CENS UI

Sabtu, 10 November 2018 - 15:38 | 71.36k
National Summit The 16th CENS UI (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
National Summit The 16th CENS UI (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, DEPOK – Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) merupakan serangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil UI.

Pada tahun ini, untuk ke-16 kalinya CENS UI kembali diadakan dengan mengangkat tema Compact City: Urban Infrastructure for Resilient and Sustainable City. 

Tema tersebut diangkat karena urgensi tingkat urbanisasi yang tinggi di kota DKI Jakarta. Urbanisasi yang terjadi di Jakarta bukan hanya urbanisasi menetap, tetapi urbanisasi mobilitas juga terjadi. Hal ini menyebabkan meningkatnya populasi di DKI Jakarta pada siang hari hingga mencapai 4 juta jiwa sehingga bertambahnya permintaan untuk tempat tinggal, lapangan kerja dan transportasi. 

CENS-UI.jpg

Pembangunan dengan intensitas bangunan yang tinggi dengan penggunaan Land mixed use dan sustainable transportation system sangat diperlukan dalam menghadapi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, CENS UI diadakan sebagai wadah ide dan gagasan mahasiswa dan profesional dalam memecahkan masalah perkotaan di Indonesia.

Rangkaian acara CENS UI terdiri dari: Lomba antar mahasiswa berjudul Call For Innovation dan National Tender Competition, Workshop, Company Visit, serta National Summit sebagai acara puncak. Tahun ini, rangkaian acara CENS UI dibuka dengan presentasi akhir dari peserta terpilih yang digelar pada Senin (12/11/2018). 

Peserta yang terpilih akan memaparkan ide dan inovasi mereka dalam bentuk karya tulis. Harapannya, hasil dari pemikiran dan penelitian yang sudah mereka lakukan dapat dijadikan referensi untuk membangun kota-kota di Indonesia.

Rangkaian acara pada hari selanjutnya, Selasa (13/11/2018) CENS UI untuk kedua kalinya bekerja sama dengan Project Management Institute Indonesia Chapter mengadakan Project Management Workshop. 

Workshop ini dirancang bagi mereka yang bekerja secara profesional pada proyek di bidang keahlian teknik dan konstruksi. Hal yang akan dipahami mulai dari pengetahuan dasar, proses, dan terminologi manajemen proyek. Di hari yang sama, delegasi mahasiswa dari seluruh Indonesia yang diundang oleh CENS UI akan mengunjungi PT. Jakarta Propertindo dalam kegiatan bertajuk Company Visit.

Terakhir, pada acara puncak bertajuk National Summit akan diadakan pada Rabu (14/11/2018) acara ini akan mempertemukan berbagai tokoh penting yang dapat menjadi kunci pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta. 

Kegiatan akan dibuka oleh Bapak Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai keynote speaker dan akan diteruskan oleh berbagai pembicara yang relevan termasuk dengan pembicara internasional, Mr. Karthik Karkal yang menjabat sebagai salah satu vice president pada perusahaan CPG Consultant di Singapura.

Selain mengundang pembicara-pembicara ternama, The 16th CENS UI juga akan menghadirkan delegasi dari berbagai lembaga dan organisasi yang terlibat dalam ruang lingkup pembangunan seperti Urban and Regional Development Institute (URDI), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai CENS UI bisa dilihat di: www.cens-ui.com. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES