Peristiwa Daerah

Jalur Tol Laut Segera Dibuka di Probolinggo

Sabtu, 10 November 2018 - 12:02 | 139.91k
Kapal Logistik Nusantara I, sandar di voyage I Pelabuhan New Tanjung Tembaga Probolinggo. (FOTO: Djumadi for TIMES Indonesia)
Kapal Logistik Nusantara I, sandar di voyage I Pelabuhan New Tanjung Tembaga Probolinggo. (FOTO: Djumadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Program jalur tol laut, Presiden Joko Widodo, sudah berlangsung di sejumlah pelabuhan besar. Dalam waktu dekat, Pelabuhan New Tanjung Tembaga Probolinggo, juga bakal melayani program tersebut. Mengingat wilayah tapal kuda Jawa Timur, merupakan basis dari penghasil bahan pokok.

Berdasarkan informasi dari PT. Delta Arta Bahari Nusantara (DABN), pengelola pelabuhan New Tanjung Tembaga, Jumat (9/11/2018) malam, kapal logistik tol laut bersandar di voyage 10. Kapal bertonase 7.738 GT itu mengangkut 103 peti kemas. 93 boks peti kemas di antaranya sudah penuh dengan bahan pokok. Sedangkan 10 sisanya, masih kosong.

“Nah 10 boks yang kosong ini, akan diisi dari pelabuhan Probolinggo. Bagi industri maupun perusahaan logistik yang akan mengisi, dipersilahkan,” kata Kepala Cabang PT. DABN, Djumadi, Sabtu (10/11/2018).

Kapal-Logistik-Nusantara.jpg

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah stake holder lain, untuk mempromosikan kosongnya 10 boks peti kemas itu. Khusus untuk jalur tol laut ini, hanya memuat bahan pokok. Seperti beras, gula, minyak dan lain sebagainya. Karena biaya pelayarannya, disubsidi pemerintah. Potongannya berkisar antara 28 hingga 31 persen dari biaya pengiriman laut pada umumnya.

“Tapi berapa persisnya, kami tidak tahu. Karena tiap pengiriman tidak sama. Baik itu dari biaya tambat, biaya sandar dan lain sebagainya,” kata dia.

Sebagai informasi, kapal logistik nusantara I yang sandar di voyage 10 ini, akan melalui rute ke Sulawesi Utara. Tepatnya, berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Probolinggo, Makassar, Bitung dan terakhir Tahuna Sulawesi Utara. Namun demikian, pembukaan tol laut secara resmi dari pelabuhan New Tanjung Tembaga, nantinya akan dibuka secara resmi.

Djumadi menyebut, pembukaan jalur tol laut secara akan digelar pada akhir November 2018. “Kalau sekarang ini kan dari Tanjung Perak Surabaya, bukan dari Probolinggo,” tambahnya.

Kapal-Logistik-Nusantara-I.jpg

Khusus untuk jalur tol laut Probolinggo, akan dibuka di Voyage 11. Dengan rute Probolinggo, Makassar, Bitung dan Tahuna, serta rute sebaliknya, selama 14 hari pelayaran. Alasan penetapan jalur tol laut dari Probolinggo itu, karena bahan pokok yang dikirim untuk masyarakat pelosok Indonesia itu mayoritas berasal dari tapal kuda Jawa Timur.

Hingga berita ini ditulis, kapal sepanjang 126 meter dan lebar 20 meter itu, masih sandar di voyage 10 pelabuhan New Tanjung Tembaga Probolinggo. Menunggu pelaku industri, untuk mengirimkan barangnya ke pelosok Indonesia melalui jalur tol laut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES