Rabu, 21 November 2018
Peristiwa - Daerah

Ditjen PDT Dukung Pemasaran Kopi Bondowoso Melalui E-Commerce

Ditjen PDT Dukung Pemasaran Kopi Bondowoso Melalui E-Commerce Puluhan pelaku kopi saat mendapatkan edukasi, tentang pemasaran kopi BRK melalui E-Commerce, di aula Sabha Bina (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Jum'at, 09 November 2018 - 21:35

TIMESINDONESIA, BONDOWOSODitjen PDTT (Direktorat Jederal Pembangunan Daerah Tertinggal), mengajak pelaku kopi di Bondowoso, agar memasarkan kopi BRK (Bondowoso Republik Kopi) melalui E-Commerce.

Acara Fasilitasi E-Commerce Produk Kopi, yang bekerja sama dengan Ditjen PDTT itu, deselenggrakan di Aula Sabha Bina, Jum'at (9/11/2018).

Kegiatan itu, melibatkan langsung lapak online, pesonakopi.com. Yaitu, platform marketplace berbasis dropshiper, khusus kopi dan hal lain, yang berkaitan dengan kopi.

Pantauan TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), para peserta diajari cara menggunakan aplikasi tersebut. Serta bagaimana memanfaatkan adroid, sebagai sarana promosi penjualan.

Aji Komara, Perwakilan dari Ditjen PDT mengatakan, hal ini adalah salah satu upaya, untuk mengajak pelaku usaha kopi di Bondowoso, memasarkan produknya melalui e-commerce.

“Alasannya, karena ekonomi yang berkembang saat ini yakni ekonomi digital. Cepat atau lambat, suka tidak suka, mau tidak mau semua elemen masyarakat, bahwa ekonomi ke depan adalah ekonomi digital,” paparnya.

Menurutnya, masyarakat yang tidak sadar akan ekonomi commerce, tentun akan sulit berkembang, di bidang ekonomi dan lain-lain. 

Dia juga menjelaskan, bahwa forum yang dilaksnanakan tersebut, tepat sekali dalam memasarkan produk kopi Bondowoso, hingga ke penjuru duni.

Ke depan ini, lanjut dia, pihaknya bersama-sama pemerintahan daerah, Ditjen PDT, dan pelaku usaha dari hulu ke hilir, berupaya agar perdagangan, bisa dilakukan melalui elektronik.

“Ini tidak hanya terbatas di Bondowoso saja tapi bisa menjangkau dunia," pungkasnya.

Hal senada juga diakui Asisten II Pemkab Bondowoso, Agus Suwardjito, bahwa pemasaran kekinian, adalah pemasaran melalui internet yang dikenal sebagai e-commerce.

Apalagi, kata dia, Melihat kondisi ini memang sudah saatnya, kopi Bondowoso dipasarkan melalui internet, sehingga produk bisa terpasarkan secara tepat dan efisien.

Dalam acara yang berkerja sama dengan Ditjen PDT (Direktorat Jederal Pembangunan Daerah Tertinggal) itu, juga dipamerkan beberapa produk kopi BRK (Bondowoso Republik Kopi), dan diharapkan pelaku kopi di Bondowoso, memasarkannya melalui E-Commerce. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration