Peristiwa Daerah

Keren, UKJ IJTI Tapal Kuda di Banyuwangi Dibuka Bupati Anas dari Yogyakarta

Jumat, 09 November 2018 - 20:32 | 32.61k
Bupati Abdullah Azwar Anas saat membuka UKJ IJTI Tapal Kuda via streaming. (FOTO: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Bupati Abdullah Azwar Anas saat membuka UKJ IJTI Tapal Kuda via streaming. (FOTO: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda, Jawa Timur, berlangsung meriah. Bahkan, meski digelar di restoran Mahkota Plengkung, Banyuwangi, acara ini dibuka langsung oleh Bupati Anas, via streaming dari Yogyakarta.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Uji Kompetensi Jurnalis IJTI Tapal Kuda, resmi kami buka," ucap Anas via video call disambut tepuk tangan peserta, Jumat (9/11/2018).

UKJ IJTI Tapal Kuda ini diikuti 34 orang jurnalis televisi. Selain dari wilayah Tapal Kuda, Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Probolinggo, peserta juga berasal dari daerah lain di Jawa Timur.

Dari Malang dan Blitar masing-masing dua orang. Madiun satu orang dan jurnalis TV asal Bali dua orang.

UKJ perdana IJTI Tapal Kuda ini dihadiri langsung oleh Rachmat Hidayat, Manager Produksi News MNCTV sekaligus selaku Kepala Sekolah UKJTV IJTI. Kedatangannya disini juga untuk menjadi penguji.

Hadir pula menjadi penguji, Kepala Bidang Organisasi IJTI, yang juga Pimpinan Redaksi Inews Network dan Jamalul. Dia adalah Pimpinan Redaksi MNC News, juga Ketua Bidang Kompetensi IJTI.

Di sini Jamalul didampingi dua orang anggotanya. Irfan Maulana, Manager News Produksi JakTV dan Machsus, Eksekutif Produser ANTV.

"Kami berharap sinergitas jurnalis televisi dengan instansi pemerintah dan masyarakat mampu mendorong kemajuan bangsa, termasuk Banyuwangi," ucap Rachmat Hidayat, saat sambutan.

Pembukaan UKJ IJTI Tapal Kuda juga diisi materi jurnalistik lingkungan oleh Humas PT Bumi Susesindo (PT BSI), T Mufizar Mahmud. Di hadapan peserta dia menjelaskan tentang seluk beluk operasional tambang terbesar kedua di Indonesia tersebut. Termasuk peran serta perusahaan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar tambang. Baik di Desa Sumberagung, maupun lingkup ring satu tambang. Yakni wilayah Kecamatan Pesanggaran dan Siliragung.

"Potensi tambang emas di Jawa Timur sangat besar dan akan segera dikelola, dan oleh ESDM pengelolaan diminta study banding ke PT BSI," kata pria yang juga mantan wartawan BBC London dan Reuters ini.

Ketua IJTI Tapal Kuda, Syaiful Kusmandani menjelaskan, usai pembukaan, seluruh peserta akan bergeser ke penginapan sekaligus lokasi kegiatan di tempat wisata Alam Indah Lestari (AIL), Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi.

"Materi uji kompetensi akan diterima peserta hingga tanggal 12 November 2018 mendatang," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES