Rabu, 21 November 2018
Peristiwa - Daerah

Memanfaatkan Lahan di Rumah, Mar’i Hasilkan Uang Jutaan Setiap Bulan

Memanfaatkan Lahan di Rumah, Mar’i Hasilkan Uang Jutaan Setiap Bulan Mar’i, seorang petani asal Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari Bondowoso yang memanfaatkan lahan sempit di depan rumahnya (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Jum'at, 09 November 2018 - 20:12

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Mar’i, seorang petani asal Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari Bondowoso ini, betul-betul pintar memanfaatkan peluang.

Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan lahan sempit di depan rumahnya, ia mampu menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan.

Lahan dengan luas sekitar 10 meter persegi tersebut, ia tanami bibit sayur-sayuran. Mulai dari kemangi, seledri, termasuk cabe dan beberapa sayuran lain.

Mar’i, pria dengan kepala plontos itu mengatakan, bahwa bibit sayur-sayuran tersebut, khususnya kemangi, dibelinya dalam bentuk benih di pasar, dengan harga 30 ribu, dan isi sekitar 7000 biji. Kemudian, dibelikan media, atau pot tanam dari plastik, sesuai umur dan ukurannya.

“Jadi kalau masih kecil, ditaruh di tempat yang kecil, baru kalau agak besar dipindah ke pot ukuran 30 centimeter, yang besar ditanam ke ukuran 45 centi,” katanya, pada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Jumat (9/11/2018).

Tapi, kata dia, butuh ketelatenan, dan kehati-hatian dalam merawat. Apalagi, banyak hama, yang menyerang.

Ia mengaku, pembeli tidak hanya datang dari tetangga dekatnnya. Bahkan juga ada dari luar Kecamatan Tlogosari.

“Ada yang membelinya, untuk pembibitan atau ditanam lagi, dan ada juga yang membeli untuk dikonsumsi,” terangnya.

Berdasarkan pengakuannya, ia sudah hampir satu tahun, menekuni pembibitan sayur tersebut. Alhasil, ia mandapatkan pemasukan tambahan sekitar kurang lebih 2 juta per bulan.

Mar’i, petani asal Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari Bondowoso tersebut, juga menyarankan, agar masyarakat bisa memanfaat peluang, atau lahan yang ada disekitar rumah. Jika, todak untuk dijual, minimal buat dikonsumsi sendiri. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration