Peristiwa Daerah

BMKG Imbau Warga Tetap Waspada Bencana

Jumat, 09 November 2018 - 17:36 | 51.01k
Genangan air yang mengakibatkan kemacetan di beberapa wilayah Kabupaten Malang (FOTO: Istimewa)
Genangan air yang mengakibatkan kemacetan di beberapa wilayah Kabupaten Malang (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi, Karangploso memprediksi di Kabupaten Malang akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada bulan November ini.

“Di tahun 2018 ini musim peralihan dalam bulan Oktober, dan hujan turun pada bulan November. Berbeda dengan tahun lalu yang hujan turun di bulan September, Saat memasuki musim penghujan, itensitas air diprediksi akan semakin tinggi dan bisa mengakibatkan banjir serta longsor di bulan November ini," ungkap Hana Amalina, prakirawan BMKG Karangploso, Jumat (9/11/2018).

banjir-ringan-2.jpg

Amalina menuturkan, di tahun 2018, musim hujan memang mengalami kemunduran, lantaran pada Oktober lalu, di Kabupaten Malang masih mengalami musim peralihan yang mengakibatkan suhu waktu itu lebih panas dibanding bulan sebelumnya, yakni mencapai 32° celcius.

“Pemicu mundurnya musim penghujan, salah satunya karena faktor topografi wilayah, karakteristik daerah yang beragam, serta kondisi angin, menjadi penyebab utama kemarau panjang di Kabupaten Malang,” ujarnya.

Sementara itu, hujan di awal November ini, mengakibatkan banjir di beberapa area jalan raya yang ada di daerah Kecamatan Sumberpucung, Pakisaji, dan Kepanjen yang mengakibatkan para pengguna jalan terpaksa menghentikan laju kendaraan sementara waktu karena tergenang air, Kamis (8/11/2018) sore hingga mengakibatkan kemacetan.

“Karena musim pengujan tahun ini sudah mulai datang kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan sadar akan bencana,” ujar Amalia, prakirawan BMKG. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES