Rabu, 21 November 2018
Pendidikan

Nuffic Neso Indonesia Boyong 16 Universitas Belanda ke Kota Pahlawan

Nuffic Neso Indonesia Boyong 16 Universitas Belanda ke Kota Pahlawan DPD 2018 sapa masyarakat Surabaya yang tertarik untuk studi di Belanda, Selasa (6/11/2018) kemarin. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 09 November 2018 - 16:36

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kota Surabaya terpilih untuk membuka rangkaian Dutch Placement Day (DPD) 2018 di Four Points Hotel by Sheraton, Selasa, 6 November 2018. Dengan menghadiri acara ini, pengunjung mendapatkan informasi langsung dari universitas di Belanda.

Informasi mulai program studi yang ditawarkan, biaya – biaya yang bersangkutan selama kuliah di Belanda, cara pendaftaran, dan persiapan – persiapan yang perlu dilakukan untuk mendaftar ke universitas di Belanda.

Acara yang diprakarsai oleh Nuffic Neso Indonesia tersebut memboyong 16 universitas riset maupun universitas ilmu terapan Belanda. Selain itu juga jadi ajang bertemu dengan masyarakat Surabaya yang tertarik untuk studi di Belanda pada jenjang foundation, Bachelor, Master, PhD, maupun jenjang non-degree, seperti kursus singkat.

DPD menjadi one stop information centre di mana pengunjung dapat berkonsultasi one on one, mengikuti presentasi universitas maupun Lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out.

Nuffic Neso juga hadir memberikan informasi umum mengenai universitas – universitas yang kebetulan tidak berpartisipasi dalam DPD maupun kehidupan pelajar di Belanda, serta informasi beasiswa untuk studi di Belanda. Tidak ada biaya apapun yang dikenakan selama mengunjungi pameran.

Dengan hadirnya DPD, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan dengan baik untuk dapat bersaing di era globalisasi.

Dari 27 institusi pendidikan tinggi Belanda yang datang ke Indonesia untuk mengikuti rangkaian pameran pendidikan DPD & European Higher Education Fair di berbagai kota, 16 institusi memutuskan mengikuti acara DPD di Surabaya. Alasan universitas tersebut berpartisipasi pada acara DPD di Surabaya karena mereka melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri. Antusias masyarakat Surabaya terhadap informasi pendidikan di luar negeri khususnya di Belanda dapat terlihat dari jumlah pendaftar yang tercatat mencapai sebanyak 800 yang terdiri dari pelajar / lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis.

“Sungguh sebuah kebanggaan bagi Nuffic Neso Indonesia, dapat menyambut Anda di Dutch Placement Day Surabaya dimana hari ini secara eksklusif kami sajikan berbagai informasi tentang Belanda sebagai tujuan studi ketika terlintas dipikiran Anda untuk studi di luar negeri.” – ujar Peter van Tuijl, direktur Nuffic Neso Indonesia.

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration