Kesehatan

Bolehkah Olahraga saat Sakit?

Jumat, 09 November 2018 - 04:18 | 26.52k
ILUSTRASI - Olahraga saat Sakit (FOTO: via time.com)
ILUSTRASI - Olahraga saat Sakit (FOTO: via time.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Biasanya orang tidak berolahraga saat kondisi tubuh tidak fit. Alasannya takut kondisi badan akan jauh lebih buruk. Sebenarnya boleh atau tidak kita olahraga saat sakit?

Berolahraga atau sekedar beraktivitas fisik memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mulai dari meningkatkan stamina hingga meningkatkan suasana hati. Kegiatan ini boleh dilakukan saat kurang enak badan, asalkan Anda tidak mengalami demam tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh dr Grace Joselini, dokter yang menangani timnas sepakbola wanita Indonesia di Asian Games 2018.

Sementara itu, untuk kasus flu, penelitian dari Ball State Univesity beberapa waktu lalu memperlihatkan bahwa aktivitas fisik intensitas sedang tidak berdampak pada keparahan flu. Namun, jika flu atau kondisi lainya menyebabkan infeksi sistemik, berolahraga merupakan ide buruk.

"Jika gejalanya seperti sinus, gangguan pada hidung, tenggorokan, olahraga tidak membantu atau merugikan. Tak masalah melanjutkan berolahraga," ujar profesor sekaligus direktur Human Performance Lab Appalachian State University, David Nieman.

Ringan dan sedangnya intensitas olahraga yang Anda lakukan bisa terukur salah satunya melalui talk tes. Jika Anda masih mampu bernyanyi saat melakukan suatu jenis olahraga, artinya itu masuk kategori ringan.

Jika Anda sudah kesulitan bernyanyi namun masih bisa berbicara, artinya olahraga yang Anda lakukan sudah masuk intensitas sedang. 

"Memang untuk mendapatkan hasil akurat intensitas olaharaga yang kita lakukan harus dengan mengukur nadi. Talk tes sebenarnya bisa juga dilakukan. Mau sehat sebenarnya main di intensitas ringan saja sudah cukup," kata Grace. 

Pentingnya berolahraga atau setidaknya bergerak aktif, sudah menjadi rekomendasi para ahli kesehatan sejak lama. Olahraga bisa membuat seseorang agar terhindar dari beragam penyakit khususnya yang tak menular seperti penyakit jantung dan diabetes.

Nah, jika Anda ingin olahraga saat sakit, pastikan dulu kondisi Anda. Jika hanya mengalami tubuh tidak fit, Anda masih bisa berolahraga ringan. Namun, jika mengalami demam tinggi sebaiknya Anda istirahat hingga kondisi tubuh membaik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES