Kesehatan

Mengganggu Konsentrasi, Hindari Empat Makanan Ini

Jumat, 09 November 2018 - 03:06 | 107.29k
ILUSTRASI. (FOTO: bdpratidin.com)
ILUSTRASI. (FOTO: bdpratidin.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak semua makanan memberikan efek baik untuk tubuh. Sebagian makanan justru bisa mengganggu kesehatan. Seperti halnya beberapa makanan berikut ini yang bisa mengganggu konsentrasi Anda. Apa saja?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang ternyata bisa mengganggu konsentrasi Anda.

1. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang tinggi gula mengandung gula sederhana yang dapat diserap dengan cepat oleh tubuh tanpa memerlukan proses pencernaan yang panjang. Inilah mengapa sesaat setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman manis, kadar gula darah akan langsung melonjak.

Melonjaknya gula darah ini akan merangsang lonjakan pengeluaran hormon insulin untuk memasukkan gula darah ke dalam sel. Akibatnya, gula dalam darah juga akan mendadak turun akibat pengeluaran insulin yang tinggi, sehingga tubuh akan lemas. Daya konsentrasi pun akan terganggu.

2. Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol bisa membuat Anda mabuk, sehingga konsentrasi pun buyar. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa menurunkan volume otak serta mengganggu neurotransmiter otak. Dua kondisi tersebut akan mengganggu daya pikir Anda di kemudian hari.

3. Berlebihan Minum Kopi

Minum kopi sesekali atau sesuai batas anjuran bisa membantu meningkatkan konsentrasi karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan denyut jantung, sehingga Anda akan lebih “melek” dan konsentrasi pun meningkat. Namun, jika Anda terbiasa minum kopi secara berlebihan, maka perlahan tubuh akan mengalami kecanduan. Bukannya fokus yang didapat, tapi justru badan lemas, mengantuk, dan kesulitan untuk berkonsentrasi.

4. Makanan Terlalu Asin

Makanan yang terlalu asin juga dapat mencetuskan pusing atau sakit kepala akibat meningkatkan tekanan darah, terutama pada orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Maka dari itu, hindari konsumsi makanan yang banyak dibubuhi penyedap atau makanan yang terlalu asin agar konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan bisa terus terjaga.

Jika Anda sedang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan, cobalah untuk menghindari empat jenis makanan yang mengganggu konsetrasi. Pilihlah makanan sehat yang bisa bermanfaar untuk kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES