Gaya Hidup

Mendengarkan Lagu Galau Ada Manfaatnya, Lho!

Jumat, 09 November 2018 - 05:05 | 87.52k
ILUSTRASI - Mendengarkan Lagu Galau (FOTO: cdn-hayat.sozcu.com.tr)
ILUSTRASI - Mendengarkan Lagu Galau (FOTO: cdn-hayat.sozcu.com.tr)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mendengarkan lagu galau bukan hanya membuat kita larut dalam kesedihan, tapi juga menyingkirkan rasa sedih. Lewat lirik lagu sedih tersebut, kita bisa melepaskan emosi.

Dilansir dari Hello Sehat, pakar musik, Kay Norton, dalam penelitiannya pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa musik yang mendayu-dayu ini bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat untuknya.

Setelah kita mendengarkan lagu galau atau melankolis, kita akan merasa lega. Rasa sukacita akan timbul saat merasa terhubung dengan lirik lagu tersebut dan bisa membuat kita bebas berimajinasi.

Ketika Anda mendengarkan lagu galau yang mungkin sedang populer di radio atau TV, Anda akan merasakan beberapa dampak berikut seperti dikutip dari Psychology Today.

1. Mengungkapkan Ekspresi Sedih

Lagu melankolis yang indah dapat menjadi alat yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih Anda. Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif Anda muncul, seperti sedih, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpicu untuk menghambat reaksi dari perasaan tidak senang. Jadi perasaan sedih Anda tidak akan berlarut-larut.

2. Melepas Kesedihan dengan Cara Tepat

Ketika mendengarkan lagu sedih, pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan. Tidak dengan sebuah tindakan negatif, tapi bisa dengan merenung atau kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

3. Meningkatkan Pendewasaan

Dengan mendorong kita melakukan refleksi terhadap diri sendiri, lagu galau bisa membantu pendengarnya menggunakan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan pendewasaan pribadi.

4. Membantu Keluar dari Masalah yang Dihadapi

Lagu galau atau sedih bisa mempengaruhi pendengarnya keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi. Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau, akan mengingatkannya bahwa ia pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya ia masih baik-baik saja.

5. Mendapatkan Emosi Positif

Bersamaan dengan rasa sedih, musik melankolis bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati. Perasaan tersebut bisa membuat pendengarnya berperilaku baik dan positif, serta membuatnya puas karena bisa lepas dari perasaan sedih tersebut.

Meskipun mendengarkan lagu galau atau sedih bisa membuat perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan lagu bernuansa galau ini. Ketika Anda sudah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih fun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES