Kesehatan

Pagi atau Sore, Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Jumat, 09 November 2018 - 06:15 | 97.76k
Olahraga. (FOTO: Hello Sehat)
Olahraga. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada yang melakukan olahraga di pagi hari, sore hari, bahkan malam hari. Meski berolahraga di waktu yang berbeda tujuannya adalah sama-sama untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas, adakah waktu terbaik untuk olahraga?

Dr. Grace Joselini seperti yang dilansir dari Antara mengatakan berolahraga bisa dilakukan kapan saja, pagi, siang atau malam. Namun, saat pagi kita masih memiliki energi yang banyak. Olahraga pagi juga bisa membuat mood menjadi lebih baik.

"Kapan saja baik. Tetapi kalau pagi, energinya masih banyak. Ada efek untuk mood jadi baik. Otak bisa menghasilkan hormon serotonin, dopamin, membuat tubuh rileks," ujar dia di Jakarta, Kamis (8/11/2018). 

Berolahraga di pagi hari juga bisa membuat Anda lebih fokus dan produktif. Hasil studi menunjukkan, orang berusia produktif yang melakukan olahraga dua kali dalam seminggu lebih produktif dari mereka yang tidak melakukan olahraga. 

Usahakan berolahraga 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit. Jika terasa sulit, mulailah 10 menit dulu, namun tiga kali sesi. 

"Nanti mulai meningkat 15 menit, tetapi dua kali dalam sehari, sampai 60 menit. Bisa pilih renang, angkat beban, jogging, yoga dan lainnya," kata Grace. 

Terlepas dari waktu terbaik untuk olahraga, meluangkan waktu minimal 30 menit per hari untuk berolahraga atau setidaknya beraktivitas fisik dengan intensitas sedang dapat menjaga kesehatan tubuh secara umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES