Gaya Hidup

Film Super Hero Bisa Membawa Pesan Buruk untuk Anak?

Kamis, 08 November 2018 - 23:30 | 70.90k
ILUSTRASI - Anak Meniru Gaya Superhero (FOTO: ddcviz.com)
ILUSTRASI - Anak Meniru Gaya Superhero (FOTO: ddcviz.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAFilm super hero sering dikaitkan dengan pesan positif, yakni tentang kebaikan mengalahkan kejahatan. Meski hal ini yang diharapkan, ternyata film-film tersebut bisa membawa pesan buruk untuk anak-anak.

Dilansir dari Antara, sebuah penelitian terbaru menunjukkan film-film super hero tersebut sebenarnya mengirimkan pesan berbahaya kepada anak lelaki dengan menggambarkan karakter “baik” dengan menoleransi kekerasan.

Sebuah analisis merinci dari 10 film pahlawan super yang dirilis pada tahun 2015 dan 2016 menemukan bahwa tokoh protagonis, atau “orang baik”, rata-rata melakukan 23 tindak kekerasan dalam satu jam dan tokoh antagonis “orang jahat”, melakukan 18 tindak kekerasan per jam. 

Anehnya, tokoh protagonis juga berperan sebagai melakukan pembunuhan lebih banyak dari tokoh antagonis. 

Selanjutnya, pahlawan super lelaki terlibat dalam lima kali melakukan kekerasan sebanyak pahlawan super perempuan. 

“Anak-anak dan remaja melihat pahlawan super sebagai ‘orang baik’, dan mungkin dipengaruhi oleh peran mereka dalam berperilaku mengambil risiko dan melakukan kekerasan,” ujar Profesor Pediatri di Penn State College of Medicine sekaligus penulis utama Robert Olympia, yang dipresentasikan di konferensi American Academy of Pediatrics tahun 2018. 

Kendati demikian bukan berarti film-film super hero ini ditarik dari peredaran. Kuncinya, sambung peneliti utama John Muller, mendiskusikan konsekuensi dari kekerasan.  

Muller menganjurkan agar keluarga untuk menonton bersama dan memastikan untuk berbicara mengenai kekerasan dalam film, termasuk film super hero. Hal ini membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis untuk mengevaluasi apa yang mereka lihat dan menyesuaikan dengan nilai-nilai yang berlaku di keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES