Peristiwa Nasional

Enam Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional 2018

Kamis, 08 November 2018 - 11:22 | 59.57k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional 2018 kepada enam tokoh. Penganugerahan gelar tersebut akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (8/11/2018) ini.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial RI (Mensos RI) Agus Gumiwang Kartasasmita. Menurutnya, enam tokoh itu berasal dari Jawa Tengah, Bangka Belitung, Banjarmasin, Yogyakarta, Banten dan Sulawesi Barat.

Agus sendiri tak menyebut nama keenam tokoh tersebut, namun dari bocoran yang beredar ada nama Abdulrahman Baswedan (Yogyakarta), Kasman Singodimedjo (Jateng), Depati Amir (Bangka Belitung), KH Sjam'un (Banten), Ibu Agung Hajjah Andi Depu (Sulawesi Barat) dan Pangeran Muhammad Noor (Kalimantan Selatan).

Agus mengatakan jika tahun ini penetapan calon pahlawan nasional adalah jumlah terbanyak yang pernah dilakukan pemerintah selama beberapa tahun terakhir.

"Biasanya, tahun lalu hanya empat orang saja. Tahun sebelumnya kurang dari empat orang. Tapi, Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon," ucapnya sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Pengajuan nama bakal calon pahlawan nasional sendiri bermula dari masyarakat kepada Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pahlawan (TP2GP). Setelah dikaji, beberapa nama akan diserahkan TP2GP kepada Menteri Sosial selaku ketua TP2GP. 

Mensos RI kemudian menyerahkan nama-nama itu kepada Dewan Gelar dan akhirnya diserahkan kepada Presiden yang berhak memilih nama-nama yang bakal ditetapkan sebagai pahlawan, termasuk gelar Pahlawan Nasional 2018 kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES