Kamis, 22 November 2018
Kesehatan

Awas! Gemar Makan Buah Asam Bisa Sebabkan Kerusakan Gigi

Awas! Gemar Makan Buah Asam Bisa Sebabkan Kerusakan Gigi Ilustrasi - makan buash asam bisa sebabkan kerusakan pada gigi (Foto: wartaindonesia)
Kamis, 08 November 2018 - 04:29

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gemar mengonsumsi buah-buahan yang rasanya asam bisa membuat kerusakan gigi. Ini karena kandungan pH asam dalam beberapa buah asam dapat mengikis mineral alami yang membentuk enamel. Enamel (email) adalah lapisan paling keras dan terluar gigi, yang bisa Anda lihat ketika bercermin. Proses pengikisan ini disebut erosi gigi.

Seperti dilansir dari Hello Sehat, paparan zat asam yang terus menerus diterima oleh gigi akan semakin melemahkan struktur permukaan gigi hingga menyebabkan terbukanya dentin (lapisan tengah gigi). Hilangnya email pada gigi bisa bikin permukaan atau bentuk gigi jadi tidak rata, gigi memendek, gigi sensitif, atau bahkan patah.

Menurut penelitian, pH yang dapat merusak gigi adalah sama dengan atau di bawah 5,5. Contoh buah asam yang dapat merusak gigi adalah lemon karena buah kuning ini punya tingkat keasaman yang tinggi. Buah lain yang berisiko merusak gigi adalah anggur, nanas, mangga, jeruk, dan buah-buahan lain yang rasanya sangat asam.

Seberapa cepat kerusakan gigi yang terjadi setelahnya juga tergantung pada bagaimana cara Anda memakannya. Gigi bisa cepat rusak jika buah dikonsumsi dengan cara diisap atau dikunyah langsung dari potongan buahnya. Minum jus jeruk pakai sedotan, misalnya, tidak akan begitu berdampak pada gigi.

Hal lainnya yang memengaruhi risiko kerusakan gigi selain buah asam adalah seberapa kuat gigi Anda semulanya dan bagaimana kebiasaan menyikat gigi Anda selama ini. Jika Anda termasuk orang yang jarang sikat gigi, tentu risiko kerusakan gigi dapat terjadi lebih cepat dan parah. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration