Peristiwa Daerah

Takut Naik Pesawat? Cobalah Atasi dengan Cara Ini

Kamis, 08 November 2018 - 03:26 | 47.62k
Ilustrasi - Tips agar tidak takut saat Naik Pesawat (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Tips agar tidak takut saat Naik Pesawat (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak semua orang memiliki keberanian naik pesawat. Bahkan, bagi sebagian orang, terutama yang memiliki rasa cemas berlebihan akan penerbangan alias aerophobia, penerbangan adalah sebuah mimpi buruk. Anda yang mengalami kondisi seperti ini harus mengerti beberapa tips naik pesawat agar tidak takut naik pesawat.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut ketika berada di dalam pesawat.

1. Pahami Turbulensi

Satu hal yang kerap membuat penumpang panik adalah turbulensi. Sederhananya, turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat. 

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi dalam sebuah penerbangan, bahkan pesawat memang sudah didesain untuk turbulensi. Selama sabuk pengaman terikat erat, maka penumpang akan aman.

2. Kendalikan Pikiran Negatif

Penyebab kepanikan dan ketakutan terbesar adalah pikiran-pikiran yang negatif. Solusinya hanyalah mengendalikan hal-hal negatif yang bisa membuat ketakutan bertambah parah.

Hindari membaca, menonton atau mendengarkan hal-hal yang bertema negatif. Sebaliknya, hibur diri dengan bacaan atau tontonan yang kocak.

3. Percaya Kepada Pilot

Mempercayakan penerbangan kepada pilot adalah satu-satunya jawaban yang logis. Karena untuk bisa menerbangkan pesawat, seorang pilot pasti sudah pernah menempuh beribu-ribu jam terbang.

4. Bicaralah dengan Awak Kabin

Cara mengalihkan rasa panik berlebih adalah berbincang, dan salah satu orang yang tepat untuk berbincang dalam pesawat adalah awak kabin. 

Tugas mereka adalah memenuhi segala kebutuhan penumpang, termasuk jika ada penumpang yang memiliki rasa takut dalam penerbangan.

5. Mulailah dengan Rute Pendek

Jika ingin mengatasi rasa takut dalam penerbangan, langkah realistis yang harus dilakukan adalah melakukan penerbangan.

Namun hal yang patut diingat adalah mulailah dengan rute penerbangan yang pendek, jika sudah merasa berani maka rute yang panjang pun bisa dicoba.

Itulah lima tips naik pesawat yang bisa Anda coba agar tidak takut naik pesawat. Tips di atas menjadikan penerbangan Anda menjadi nyaman tanpa rasa takut agar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES